Puji Pansel, KASN Amankan Hasil Seleksi JPTP Pemprov NTB

Asisten Komisioner Bidang Monev KASN Kusen Asdiana (Suara NTB/nas)

Mataram (Suara NTB) – Pelaksanaan seleksi terbuka dua Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) Pemprov NTB mendapatkan pengawasan dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). KASN memuji Pansel JPTP yang dibentuk Pemprov NTB untuk menjaring tiga besar nama calon Kepala Biro Humas dan Protokol serta tiga besar nama calon Kepala Biro Bina Administrasi Pembangunan dan Layanan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah (BAPP dan LPBJP) Setda NTB.

Sebanyak tiga orang dari KASN melakukan monitoring dan evaluasi (Monev) terhadap pelaksanaan seleksi terbuka dua JPTP Pemprov NTB di Kantor Bappenda NTB, Kamis, 14 Maret 2019 siang hingga sore kemarin. Asisten Komisioner Bidang Monev KASN Kusen Asdiana mengaku bangga dengan Pansel JPTP Pemprov NTB. Dalam kegiatan Monev tersebut, KASN juga telah mengamankan salinan nilai hasil seleksi JPTP Pemprov NTB.

‘’Kami bangga terhadap panitia seleksi. Dari pengamatan bersama dua ahli kami, menyaksikan bahwa di sini berjalan luar biasa. Artinya sesuai aturan-aturan, kriteria-kriteria yang ditentukan secara nasional oleh KASN,’’ ujarnya.

Kusen mengatakan, biasanya Pansel yang didatangi di daerah-daerah lain anggotanya lima orang. Namun Pansel JPTP Pemprov NTB anggota sampai tujuh orang. Dalam aturan, katanya, bahwa memang anggota Pansel boleh lima orang, tujuh orang dan sembilan orang.

Baca juga:  Ini, Rincian 414 Formasi CPNS 2019 Pemprov NTB

Pada kegiatan Monev tersebut, ia juga sudah menganalisis curriculum vitae setiap anggota Pansel. Ia mengakui  kualitas pertanyaan dari masing-masing anggota Pansel yang menguji peserta.  ‘’Mudah-mudahan ini bisa menghasilkan JPTP yang memenuhi kriteria,’’ harapnya.

Kusen mengatakan, semua nilai hasil seleksi dua JPTP Pemprov NTB itu dibawa KASN. Sehingga hasil seleksi terbuka tak perlu diragukan lagi. Karena nilai masing-masing peserta sudah ada di tangan KASN.

‘’Jadi tak ada istilah nilai setelah hasil rapat. Untuk menjaga transparansi, kejujuran dan objektivitas dari sistem penilaian. Jangan ada lagi keraguan-keraguan. Nilainya sudah kami bawa, sudah diamankan nilainya,’’ tandasnya.

Kusen menjelaskan, tugas Pansel sesuai ketentuan adalah menjaring tiga besar nama-nama calon JPTP. Selanjutnya hasil tersebut diserahkan ke gubernur. Mengenai pejabat yang dipilih dari tiga besar hasil seleksi sepenuhnya menjadi hak proregatif gubernur sebagai user.

‘’Tidak mesti yang tertinggi nilainya diambil, ada pertimbangan gubernur sebagai user. Dari tiga yang wajib disampaikan boleh salah satu dipilih Pak Gubernur,’’ pungkasnya.

Terpisah, Ketua Pansel JPTP Pemprov NTB, Ir. H. Iswandi, M. Si mengatakan, seleksi kompetensi manajerial dan keahlian 17 pejabat yang ikut seleksi JPTP Pemprov NTB sudah selesai. Tinggal dilakukan pleno untuk menentukan tiga besar nama calon JPTP untuk masing-masing jabatan.

Baca juga:  Ini, Rincian 414 Formasi CPNS 2019 Pemprov NTB

‘’Bagus-bagus hasilnya. Nanti setelah pleno Pansel terlihat tiga besar, waktunya sampai 19 Maret,’’ katanya.

17 pejabat yang  memperebutkan dua jabatan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov NTB. Untuk jabatan Kepala Biro Humas dan Protokol, pejabat yang ikut seleksi administrasi tersebut berasal dari Pemprov NTB, seperti Najamuddin Amy, S. Sos, MM, Arifin, SH, MH, Aulia Purnama Sari, SE, MT, Lalu Fatanah, S.Sos, MH, Anang Zulkarnain, SH dan Baiq Nelly Yuniarti, S.STP. Sedangkan satu pejabat berasal dari Pemda Lombok Barat atas nama H. Isnanto Karyawan, SP.

Sedangkan untuk jabatan Kepala Biro BAPP dan LPBJP sebanyak 10 pejabat.  10 pejabat tersebut  antara lain dari Pemprov NTB, yakni Ir. H. Ahmadi, SP-1, H. Sadimin, ST, MT, Ir. M. Ilham, MM, Ali Fikri, ST, Ir. Lies Nurkomala Sari, MT, Jamaluddin, S. Sos, MT. Kemudian pejabat dari Pemkot Mataram, antara lain Muhammad Nazarudin Fikri, S. Sos, M. Si, MRP. Dan satu pejabat dari Pemkab Lombok Barat atas nama H. L. Najamuddin, ST, MM. (nas)