Kelurahan di Loteng Kecipratan Dana Rp 4,4 Miliar

Ilustrasi

Praya (Suara NTB) – Pemkab Lombok Tengah (Loteng) mulai tahun 2019 depan akan menggelontorkan anggaran kelurahan sebesar Rp 4,4 miliar. Dana ini diperuntukan bagi 12 kelurahan yang ada di daerah ini. Harapannya, adanya anggaran kelurahan tersebut percepatan pembangunan di kelurahan bisa lebih cepat.

“Sudah ada di APBD Loteng tahun 2019, anggaran kelurahan. Totalnya mencapai Rp 4,4 miliar lebih,” aku Sekda Loteng, H.M. Nursiah, S.Sos.M.Si., kepada Suara NTB, Jumat,  30 November 2018. Sebagaimana rencana awal, anggaran tersebut nantinya akan diperuntukan untuk membiayai program pembangunan di masing-masing kelurahan.

Dengan harapan tentunya, proses pembangunan bisa lebih cepat, terutama dalam hal penyediaan sarana dan prasarana kelurahaan serta fasilitas umum lainya. Mengingat, kondisi ketersediaan fasilitas umum di kelurahan termasuk di Loteng pada khususnya, masih sangat minim, sehingga butuh intervensi anggaran untuk bisa mendukung percepatan pembangunan di kelurahan yang ada. “Niatannya dana kelurahan tersebut hampir sama dengan dana desa. Bagaimana bisa mempercepat proses pembangunan di kelurahan itu sendiri,” tegasnya.

Disinggung besaran alokasi anggaran untuk masing-masing kelurahan, Nursiah menegaskan ada hitung-hitungannya tersendiri. Jadi masing-masing kelurahan tidak mendapat alokasi yang sama, tergantung luas wilayah serta jumlah penduduk. Termasuk kondisi infrastruktur masing-masing kelurahan. (kir)