Kumuh, Terminal Ginte Jadi Lahan Ternak

TERNAK – Sejumlah hewan ternak seperti Sapi menjadi pemandangan sehari-hari di Terminal Ginte di Kelurahan Kandai II, Dompu. Kondisi ini terjadi akibat rusaknya fasilitas pagar dan perilaku warga sekitar yang melepas ternaknya di terminal ini. (Suara NTB/jun)

Dompu (Suara NTB) – Terminal Ginte di Kelurahan Kandai II minim sentuhan perbaikan, beberapa fasilitas penunjangnya bahkan tak lagi bisa difungsikan dengan baik. Celakanya, tempat persinggahan pertama para pendatang luar daerah yang menggunakan angkutan umum tersebut kini jadi area pelepasan ternak oleh warga.

Koordinator Terminal Ginte, Ahmad HS dikonfirmasi Suara NTB, Senin,  26 November 2018 mengakui, tidak terurusnya tempat yang sudah diambil alih Dishub Provinsi NTB tersebut, mulai dari bangunan utama, pagar, hingga MCK. “Kumuh dan bebasnya keluar masuk ternak ini memang sudah lama,” kata dia.

Bebasnya keluar masuk ternak itu selain disebabkan gerbang dan pagar yang sudah rusak, juga oknum peternak yang sengaja melepas ternaknya sulit diingatkan. Meski, beberapa kali sudah mendapat surat teguran dan penertiban langsung dari Satuan Pol PP. Kondisi ini, tegas Ahmad

HS, akan bisa diatasi hanya dengan langkah perbaikan.

Disamping masalah ternak yang risih dipandang mata tersebut serakan sampah dan penataan pedagang yang tidak teratur menambah kekumuhan fasilitas umum ini, pun demikian dengan infrastruktur jalan yang banyak dikeluhkan para sopir. “Kadang malas juga sopir masuk ke area terminal ini dengan alasan jalan masuknya rusak, air juga sulit di sini bahkan untuk buang air kecil saja orang beli air dulu,” ungkapnya.

Sementara warga setempat, Sahbudin dimintai tanggapannya menyayangkan tidak terawatnya Terminal Ginte itu, bahkan diibaratkan tak ubahnya kandang ternak lantaran kotoran hewan ini berada dimana di dalam areal terminak “Sama saja seperti kadang ternak karena ternak-ternak ini tidurnya di sini, buang kotoran di sini cari makanya juga di sini kadang di pasar belakang terminal itu juga,” pungkasnya. (jun)