Rp835 Miliar untuk Penanganan Pascabencana dan Komitmen NTB Gemilang

Salah satu bangunan huntap yang sedang dibangun di Sambelia Lotim. Pada RAPBD 2019, Pemprov mengalokasikan dana pascabencana sebesar Rp241 miliar. (Suara NTB/yon)

Mataram (Suara NTB) – Pemprov NTB mengalokasikan anggaran sebesar Rp835 miliar lebih dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) 2019. Anggaran sebesar itu akan diperuntukkan penanganan pascabencana sebesar Rp241 miliar dan komitmen NTB Gemilang Rp594 miliar.

Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, MPd., menjelaskan dalam struktur APBD 2019 telah dialokasikan anggaran sebesar Rp241 miliar lebih untuk rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana. Sebesar Rp112 miliar lebih bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) yang dialokasikan untuk  penanganan jalan dan  irigasi.

“Penataan sarana dan prasarana destinasi pariwisata, rehab gedung RSUD NTB dan RSJ Mutiara Sukma,” katanya di Mataram.

Baca juga:  Pemprov Perbaiki 20 Unit, 144 Pustu dan Polindes Rusak Berat Akibat Gempa

Sedangkan anggaran yang bersumber dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp129 miliar lebih. Dialokasikan untuk rehab gedung kantor, sumur bor, rehab gedung sekolah dan sarana prasarana air bersih.

Sementara  yang bersumber dari APBN  khusus penanganan gedung SMA/SMK/SLB dan rumah penduduk, ditangani langsung oleh pemerintah pusat mulai tahun anggaran 2018 sampai tahun anggaran 2019.

Upaya-upaya yang dilakukan Pemda saat ini mendorong percepatan pembangunan hunian tetap (huntap) dengan cara memperbanyak fasilitator, aplikator, tukang bangunan dan memastikan ketersediaan bahan bangunan yang terjangkau. Disebutkan, saat ini sudah dibangun huntara sebanyak 40.000 unit yang dibangun oleh NGO  dan bantuan stimulan dari pemerintah provinsi berupa spandek untuk pembangunan huntara secara gotong royong.

Baca juga:  Soal Manajemen Fasilitator, Inspektur Utama BNPB Soroti TPK

“Memastikan ketersediaan logistik dan obat-obatan serta jaminan hidup agar masyarakat bisa memenuhi kebutuhan hariannya,” kata Wagub.

Terkait dukungan konkret terhadap program prioritas untuk 15 komitmen NTB  Gemilang, sebut Wagub dialokasikan sebesar Rp594 miliar lebih. Dana sebesar itu  yang dialokasikan dalam RAPBD 2019. (nas)