Pendaftar CPNS Kota Mataram Ccapai 7.000 Orang

Kepala BKPSDM Kota Mataram, Baiq Nelly Kusumawati (Suara NTB/lin)

Mataram (Suara NTB) – Pemerintah Kota Mataram telah menbuka penerimaan CPNS tahun 2018. Proses pendaftaran sudah selesai pada Senin, 15 Oktober 2018. Diperkirakan jumlah pendaftar akan mencapai 7.000 orang setelah dikurangi yang tidak memenuhi syarat.

“Sampai hari ini saja (kemarin, red) jumlah pendaftar ada 6.000 lebih, saya perkirakan jumlahnya mencapai 7.000 pendaftar hingga penutupan nanti,” kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Mataram, Baiq Nelly Kusumawati, Senin, 15 Oktober 2018.

Sebanyak 100 orang dinyatakan tidak memenuhi syarat. Salah satu penyebabnya karena tidak memiliki beberapa persyaratan yang harus dilengkapi. Misalnya surat tanda registrasi (STR) dan beberapa syarat lainnya. Pihaknya juga sudah melakukan panggilan telepon kepada pelamar yang persyaratannya kurang jelas sehingga tidak bisa dibaca.

Baca juga:  Masyarakat Diingatkan Jangan Percaya Calo

“Ini merupakan upaya kita untuk membantu para pelamar agar bisa melengkapi persyaratan CPNS sesuai ketentuan. Jangan sampai hanya karena foto tidak sesuai ukuran kemudian membuat kesempatan mereka mengikuti CPNS ini menjadi gugur,” ujarnya.

Pihaknya

akan melakukan proses penerimaan CPNS pada tahap selanjutnya sesuai dengan jadwal. Namun karena jumlah pendaftar jauh lebih banyak dari kuota yang disiapkan, maka seleksinya akan dilakukan dalam beberapa sesi.

“Itu soal teknis nanti kita atur. Karena kan tidak bisa kita lakukan tes dalam satu kali saja, karena ini pendaftarnya banyak,” ujarnya.

Ia mengatakan bahwa soal-soal dari masing-masing orang akan berbeda-beda. Sehingga meskipun waktu pelaksanaan tesnya tidak sama, namun soal seleksinya dipastikan berbeda. Sehingga tidak ada celah bagi pelamar untuk berbuat curang.

Baca juga:  Kejaksaan Buka Lowongan 5.203 CPNS dan Jaksa

“Soalnya beda-beda. Jangankan beda hari, beda komputer saja soalnya beda. Jadi tidak ada celah untuk kecurangan atau tanya-tanya soalnya apa. Dipastikan proses seleksi ini dilakukan  dengan penuh hati-hati,” ujarnya.

Diketahui bahwa rincian CPNS yang akan diterima Kota Mataram yaitu kategori dua (K2) sebanyak dua formasi, 130 formasi tenaga guru, 100 tenaga medis dan 30 tenaga teknis. Penerimaan CPNS tahun ini memang didominasi oleh tenaga guru, karena Kota Mataram memang tengah membutuhkan lebih banyak tenaga guru. (lin)