Pansel CPNS KSB Bentuk Tim Informasi dan Pengaduan

KONSULTASI - Dua calon pelamar CPNS tengah berkonsultasi dengan tim informasi dan pengaduan. Mereka meminta penjelasan terkait sejumlah syarat-syarat yang harus dilampirkan saat mendaftar baik online maupun manual. (Suara NTB/bug)

Taliwang (Suara NTB) – Panitia Seleksi (Pansel) Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) membentuk tim khusus untuk informasi dan pengaduan bagi pelamar.

Juru bicara Pansel CPNS KSB, Mars Anugerahinsyah, S.Hut menjelaskan, pembentukan tim ini bertujuan untuk membantu para pelamar memperoleh informasi proses penerimaan secara jelas. “Kan sistem penerimaan sekarang online dan banyak informasi yang tidak dipahami pelamar. Jadi mereka bisa datang ke sini untuk mencari info lebih jelas lagi,” terangnya kepada wartawan, Selasa,  2 Oktober 2018.

Selain memberi informasi, tim juga membuka ruang pengaduan. Menurut Mars, setiap kegiatan penerimaan CPNS banyak modus penipuan yang dilancarkan oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab. Tujuannya menipu pelamar dengan iming-iming dapat dengan mudah diluluskan. “Kalau ada modus seperti ini segera lapor ke kami. Karena itu pasti penipuan,” tegasnya.

Ia mengatakan, sementara ini telah banyak pelamar yang datang melakukan konsultasi ke tim. Terutama seputar syarat-syarat pendaftaran secara online. Rata-rata mereka menanyakan terkait kejelasan syarat dokumen yang harus diinput. “Ini contohnya, ada pelamar untuk tenaga kesehatan mereka bingung soal syarat STR (surat tanda registrasi). Mereka mengaku tidak bisa daftar online karena STR itu syarat mutlak yang harus diisi,” timpalnya.

“Saran kami kepada teman-teman tenaga medis ini kalau yang belum punya STR atau sudah tidak berlaku lagi agar dikumpulkan. Baru satu orang ke Jakarta untuk membuatnya karena ini diterbitkan oleh persatuan profesinya,” sambung Mars.

Ia pun berharap, bagi pelamar dan masyarakat memanfaatkan tim informasi dan pengaduan yang telah terbentuk. Terutama dalam mencari kejelasan seputar informasi lamaran penerimaan CPNS. “Kami selalu terbuka. Kalau ada yang tidak jelas langsung datang ke kantor kami di gedung stasiun CAT KSB ini,” tukasnya. (bug)