Rusak Akibat Gempa, Pusat Alokasikan Rp 1,4 Miliar untuk Perbaiki 28 Kantor Desa

Selong (Suara NTB) – Akibat terjangan gempa yang mengguncang Lombok Timur (Lotim) sejak Minggu  29 Juli lalu hingga ribuan kali gempa gempa susulan membuat banyak bangunan yang rusak. Tidak terkecuali kantor-kantor desa.

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Lotim mengusulkan perbaikan kantor-kantor desa tersebut ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Alhasil, Kemendagri langsung merespon dan memberikan Rp 1,4 miliar untuk 28 kantor desa yang rusak akibat gempa.

Menurut Kepala Dinas PMD Lotim, H. M. Juaini Taofik kepada Suara NTB, Rabu, 29 Agustus 2018 secara simbolis bantuan stimulan untuk rehab kantor desa ini diterimanya dari Kepala Dinas PMD dan Dukcapil NTB Dr. H. Ashari, SH., MH disaksikan langsung 28 kepala desa (kades) yang diberikan bantuan.

Desa-desa dimaksud terbanyak di wilayah Kecamatan Sembalun dan Pringgabaya. Sembalun meliputi Desa Sembalun, Sembalun Bumbung, Timba Gading, Sembalun Lawang, Sajang dan Biluk Petung. Kecamatan Sambelia, Desa Sambelia sendiri, Desa Sugian  Obel-Obel dan Madayin.

Sedangkan Pringgabaya meliputi Desa Anggaraksa, Batuyang, Pohgading Timur, Pringgabaya Utara, Labuhan Lombok, Tanak Gadang, Seruni Mumbul dan Gunung Malang. Kecamatan Sikur ada Jeruk Manis dan Tetebatu. Kecamatan Wanasaba Bebidas, Beririjarak dan Mamben Baru. Kecamatan Aikmel Kembang Kerang Daya. Kecamatan Lenek, Desa Lenek, Kecamatan Montong Gading, Pesanggrahan, Pringgajurang Utara dan Lendang Belo. Kecamatan Labuhan Haji, Desa Tirtanadi.

Masing-masing desa diberikan Rp 50 juta. Kepada seluruh desa yang menerima bantuan stimulan ini dipesankan Kadis PMD agar melaksanakan proses rehab pembangunan gedung kantor sesuai dengan Rincian Anggaran Biaya (RAB). (rus)