Pemkot Mataram Gelar Doa Bersama

Mataram (Suara NTB) – Seluruh aparatur sipil negara (ASN) lingkup Pemkot Mataram beserta masyarakat, Jumat, 24 Agustus 2018 menggelar doa bersama. Kegiatan yang dilaksanakan di halaman Kantor Walikota Mataram berlangsung khusyuk.

Walikota Mataram, H. Ahyar Abduh menyampaikan, masyarakat di pulau Lombok selama sebulan ditimpa oleh gempa. Meskipun Mataram bukan pusat bencana, tetapi memiliki dampak cukup besar.

Disebutkan, 13 orang meninggal dunia, 47 orang luka – luka, 104 ribu pengungsi dan ribuan rumah warga rusak. Termasuk fasilitas milik pemerintah. “Kantor Walikota juga rusak,” katanya.

Bencana alam ini tak menyurutkan semangat ASN untuk melayani masyarakat. Pelayanan administrasi tetap dilakukan di tenda – tenda di halaman kantor. Ahyar menegaskan, bencana alam apapun tidak satupun ada alat canggih yang dapat meramalkan kapan terjadi. Masyarakat tetap diminta waspada.

“Sekarang ada yang lempar isu hoaks tanggal 26 Agustus. Saya ditelpon teman dari Lotim dan Lombok Tengah, kalau air sudah sampai Dasan Agung. Ini ada – ada saja,” cetusnya.

Menurut dia, musibah tersebut sebagai bentuk ujian Allah SWT. Walikota mengutip firman Allah yang artinya bahwa kerusakan di muka bumi disebabkan oleh ulah tangan – tangan manusia. Oleh karenanya, kejadian alam harus menjadi instrospeksi diri untuk bersyukur dan menyerahkan kepada Allah SWT.

Prof. DR. KH. Manarul Hidayat, merupakan Rois Syuriah PBNU menyampaikan, sikap yang perlu ditunjuk menghadapi bencana adalah sabar. Kesabaran diajarkan dalam syariat Islam ada tiga. Sabar menghadapi musibah atau bencana, sabar dalam ketaatan pada Allah dan sabar dalam menghadapi kemaksiatan.

Bencana gempa di Lombok dan Mataram khususnya, sebagai bentuk ujian yang diberikan oleh Allah SWT. “Jika kita lolos dalam ujian ini, ketakwaan kita akan naik kelas,” ujarnya.

Yang penting menurut dia, manusia bertaubat. Karena, sadar atau tidak mungkin ada kesalahan yang pernah diperbuat manusia, sehingga Allah memberikan cobaan. Dari taubatan nasuha, Allah akan memberikan rahmat. (cem)