Lombok Diguncang Gempa, TGB Pastikan Kawasan The Mandalika Aman Dikunjungi

Praya (Suara NTB) – Kawasan The Mandalika menjadi salah satu daerah yang paling minim terkena dampak gempa yang mengguncang Pulau Lombok. Hampir semua fasilitas yang ada di kawasan tersebut, dalam kondisi baik. Tidak ada fasilitas yang mengalami kerusakan. Itu artinya, kawasan The Mandalika aman untuk dikunjungi.

Demikian disampaikan Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi, M.A., melalui rilis yang diterima Suara NTB, Selasa, 14 Agustus 2018. Ia menjelaskan, pasca gempa yang mengguncang Pulau Lombok, hampir semua fasilitas vital dalam kondisi aman, mulai dari Lombok International Airport (LIA) dan Pelabuhan Lembar, semua masih berfungsi normal.

Gubernur yang akrab disapa Tuan Guru Bajang (TGB) ini mengatakan jalan-jalan umum, pasokan listrik dan internet juga masih berfungsi dengan baik. Termasuk destinasi wisata utama The Mandalika dan Sekotong yang ada di bagian selatan dan Lombok Barat Daya, hampir sama sekali tidak terkena dampak gempa.

“Dari hasil identifitasi, secara umum infrastruktur dan obyek vital di Pulau Lombok, masih dalam kondisi aman. Utamanya fasilitas umum yang ada di wilayah selatan dan barat daya pulau Lombok,” tegas Gubernur NTB.

Untuk itu, pihaknya berharap para wisatawan tetap mau berkunjung ke Pulau Lombok, karena destinasi wisata masih aman dari dampak gempa, kecuali untuk kawasan tiga gili, saat ini masih dalam kondisi pemulihan. Dan, diharapkan bisa segera pulih serta normal kembali seperti biasa.

“Dukungan dari semua pihaknya sangat kita harapkan dari semua pihak. Supaya industri pariwisata Lombok tetap bisa bergerak dan bisa segera bangkit serta pulih kembali,” tandasnya.

Sebelumnya, Direktur Kontruksi dan Operasi Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) I Gusti Ngurah Wirawan, mengakui gempa yang mengguncang Pulau Lombok beberapa waktu yang lalu jelas berdampak terhadap kondisi pariwisata. Khususnya di kawasan The Mandalika, tapi dampaknya tidak terlalu besar.

Dalam arti, sektor pariwisata di kawasan The Mandalika masih tetap hidup. Wisatawan juga masih cukup banyak yang datang dan tinggal di kawasan ini. “Pariwisata di Pulau Lombok itu bukan hanya Senggigi dan tiga gili. Tapi juga kawasan The Mandalika yang sampai saat ini masih bertahan dan tidak terpengaruh gempa,” tandas Wirawan. (kir)