Gelombang Pasang, Banyak Pesanan Kamar Hotel Dibatalkan

Mataram (Suara NTB) – Gelombang pasang yang terjadi di sejumlah tempat di Mataram dan daerah sekitarnya membuat suasana di pesisir pantai menjadi kurang bersahabat. Di samping itu juga gelombang tinggi mengakibatkan banyak wisatawan terpaksa membatalkan kunjungannya ke NTB. Hal ini berdampak pada pembatalan sejumlah pesanan kamar di sejumlah hotel.

“Terkait video banjir rob di kawasan gili itu belum diketahui kebenarannya. Saya juga mengajak kepada semua kita agar tidak menyebarkan video itu, karena tidak ada manfaatnya. Sebaliknya, banyak pembatalan kamar hotel itu terjadi bukan karena banjir rob, tapi karena gelombang tinggi. Akibatnya kapal dari Bali tidak bisa ke sini,” kata Wakil Ketua Bidang Perhotelan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) NTB, Ernanda Agung, Kamis, 26 Juli 2018.

Ia mengakui terdapat sejumlah pembatalan pesanana kamar hotel di kawasan gili dan pesisir pantai lainnya. Itu disebabkan karena wisatawan yang dijadwalkan datang pada hari itu akhirnya membatalkan kunjungan disebabkan pembatalan penyeberangan dari Padangbai ke sejumlah pelabuhan di Lombok.

“Ini antisipasi dari gelombang pasang. Kami juga tidak menyarankan kepada wisatawan untuk menggunakan penyeberangan laut sementara ini. Baiknya gunakan pesawat dan perjalanan darat bagi yang ingin ke Senggigi dan sekitarnya,” ujarnya.

Ia belum mendapatkan data pasti jumlah kamar yang dibatalkan. Hanya saja, ia memastikan beberapa hotel memang sudah melaporkan bahwa mereka memang mendapatkan pembatalan pesanan. Hal ini memang biasa terjadi ketika gelombang laut sedang kurang bersahabat.

“Kalau data pastinya saya belum dapat semua. Tapi yang jelas pembatalan itu ada, terutama yang di kawasan gili. Kalau di Mataram sih tidak ada, karena kebanyakan tamunya merupakan MICE yang datang pakai pesawat,” ujarnya.

Ia berharap kondisi dapat segera kembali normal. Sehingga okupansi kamar di kawasan gili, Senggigi dan sekitarnya bisa kembali normal. Ia juga mengingatkan kepada wisatawan untuk sebaiknya menggunakan pesawat dan menikmati perjalanannya selama berada di Lombok. Sebab masih banyak destinasi wisata selain gili yang tidak kalah menarik untuk dinikmati. (lin)