Menko Kemaritiman Puji Perkembangan Pembangunan KEK Mandalika

Praya (Suara NTB) – Menteri Koordinator (Menko) Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan, memberi apresiasi atas perkembangan pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) The Mandalika, yang dinilai cukup pesat. Saat ini, The Mandalika sudah menjadi salah satu destinasi wisata nasional. Hal itu bisa dilihat dari tingginya angka kunjungan wisatawan di kawasan tersebut.

‘’Mandalika sekarang sudah menjadi tourism destination. Dan, Pak Gubernur bersama ITDC dan jajaranya kerjanya juga bagus,’’ ujar Luhut, usai meninjau kawasan The Mandalika, Rabu, 25 Juli 2018. Ditambahkan Luhut bahwa tidak kalah pentingnya adalah  peran serta masyarakat di daerah ini juga sangat bagus.

Hanya memang, masih ada beberapa hal yang masih harus dibenahi. Terutama soal kebersihan pantai dan fasilitas pendukung lainnya. Meski terlihat sepele, tetapi tetap harus diperhatikan dan dibenahi. Supaya kawasan Mandalika benar-benar menjadi destinasi wisata yang benar-benar nyaman bagi wisatawan.

Baca juga:  Tim Appraisal Pembebasan Lahan By Pass Segera Bekerja

Ia pun menegaskan, pemerintah pusat memberikan kepercayaan penuh kepada ITDC untuk mengembangkan kawasan Mandalika. Karena dari sisi kemampuan anggaran dan konsep, ITDC dipandang mampu mengembangkan kawasan Mandalika menjadi destinasi wisata andalan nasional.

Disinggung rencana penambahan modal pemerintah kepada ITDC, Luhut mengaku tetap akan ada. Hanya saja, untuk saat ini masih belum dibutuhkan. Karena ITDC kemampuan modalnya cukup kuat.

“Duit mereka (ITDC,red) banyak kok. Jadi mereka gak perlu uang (dari pemerintah),’’ imbuhnya.

Lebih lanjut, Luhut menambahkan, prospek perkembangan kawasan Mandalika ke depan sangat menjanjikan. Bagaimana tidak, dari waktu ke waktu angka kunjungan wisatawan ke kawasan Mandalika terus meningkat. Terakhir, laporan dari pihak ITDC pada libur lebaran kemarin, itu rata-rata angka kunjungan wisatawan mencapai 7 ribu orang perhari.

Baca juga:  Kawasan Mandalika Butuh 56 Ribu Tenaga Kerja Lokal

Ke depan, seiring dengan berjalannya proses pengembangan dan pembangunan di kawasan Mandalika, angka kunjungan wisatawan akan terus meningkat. ‘’Apa yang sudah diraih sekarang ini ke depan harus bisa terus dipertahankan bahkan ditingkatkan,’’ pesat Luhut.

Terpisah, General Affair The Mandalika ITDC, I Gusti Lanang Bratasuta, mengaku kedatangan Menko Kemaritiman, untuk melihat langsung progres pengembangan KEK Mandalika. Seperti penataan pantai Kuta, pembangunan fasilitas pendukung termasuk pembangunan pusat UMKM Mandalika.

‘’Tapi Pak Menko Kemaritiman didampingi Gubernur NTB, langsung mengecek beberapa program yang sedang berjalan didalam kawasan The  Mandalika,’’ imbuhnya.

Pihaknya pun berkomitmen untuk menjaga kepercayaan pemerintah pusat. Dengan semaksimal mungkin menata kawasan The Mandalika. Agar bisa benar-benar menjadi destinasi wisata andalan nasional. Yang pada akhirnya, bisa memberikan manfaatnya yang sebesar-besarnya bagi masyarakat di daerah ini. (kir)