Bupati Respons Prestasi Atlet Atletik Nasional Asal KLU

0

Tanjung (Suara NTB) – Bupati Kabupaten Lombok Utara (KLU) merespon prestasi Lalu Muhammad Zohri yang telah membawa nama Indonesia pada kejuaraan dunia. Bagi bupati, atlet bersangkutan harus diperhatikan. Demikian pula cabang olahraga yang turut menyumbang medali baik bagi daerah maupun nasional.

“Kita bersyukur Lalu Zohri ini bisa membawa nama baik Indonesia, khususnya Lombok Utara ke dunia dari olahraga lari,” ujar Najmul kepada wartawan usai buka puasa bersama awak media, Senin, 11 Juni 2018 malam.

Najmul mengatakan akan menindaklanjuti apa yang menjadi aspek penting dalam apresiasi Pemda KLU terhadap atlet bersangkutan. Selaku kepala daerah ia akan mewujudkannya dalam bentuk kebijakan.

Untuk memacu semangat kepada para atlet, Pemda KLU akan memberikan semacam bonus prestasi kepada atlet. Hal ini bahkan sudah dilakukan sejak atlet Pelatnas, Sudirman Hadi, asal Lombok Utara yang lebih dulu berlaga di kancah nasional dan internasional.

‘’Saya tentu akan bicara dengan TAPD berkaitan dengan rumahnya (masih tidak layak huni). Mengenai lintasan, kita memang akan mengembangkan lintasan atletik di seputaran Gor yang ada di Gondang,” sambungnya. “Kita tidak ungkap berapa yang akan kita berikan tapi yang jelas, Pemda KLU akan mengapresiasi prestasi yang telah diraih,” imbuhnya lagi.

Namun demikian, harapan keluarga atlet agar Lalu Zohri diangkat sebagai PNS belum dapat dijamin oleh Pemda KLU. Pasalnya ruang rekrutmen PNS berada di pemerintah pusat. Kendati Pemda KLU juga berharap, pemerintah pusat turut mempertimbangkan prestasi atlet sebagai salah satu poin yang memudahkan atlet bisa diangkat sebagai pelayan publik di lingkup pemerintahan.

Menurut Najmul, seorang atlet sudah banyak berkorban dalam misi membela panji-panji daerah bahkan bangsa dan negara. Tidak jarang atlet meninggalkan sekolah hingga keluarganya.

“Untuk mengejar karir seperti orang kebanyakan itu susah, maka saya sih berharap apabila ada ruang seperti itu disediakan pemerintah sangat bagus, sebagai kompensasi terhadap konsennya dia menjaga nama baik bangsa,” jelasnya.

Ia menambahkan rencana pengembangan lintasan atletik akan direncanakan di wilayah Kecamatan Gangga. Di kawasan tersebut lahannya milik Pemda KLU tersedia cukup luas. “Dan kita memang berencana membuat lintasan atletik. Mudahan-mudahan di tahun anggaran berikut ini bisa diwujudkan,” pungkasnya. (ari)