Dompu akan Sulap Terminal Huu Jadi Pasar Kecamatan

Advertisement

Dompu (Suara NTB) – Pemerintah daerah (Pemda) Dompu berencana akan merehab terminal Rasabou Huu untuk dijadikan pasar kecamatan. Pembangunan pasar Kecamatan ini mulai ditayangkan pengumuman lelangnya dan akan dibangun tahun 2018.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Dompu, Dra Hj Sri Suzana, M.Si kepada Suara NTB, Kamis, 7 Juni 2018 mengungkapkan, rencana pembangunan pasar Kecamatan Huu tahun 2018 tetap dilakukan dengan memanfaatkan lokasi terminal Huu yang sudah lama tidak dimanfaatkan. Pembangunan pasar ini untuk lebih membangkitkan ekonomi masyarakat setempat.

“Sebenarnya sudah ada pasar di belakang terminal Huu. Tapi tidak difungsikan warga karena berada di belakang terminal dan jauh dari jalan. Makanya kita mau bangunkan di depan,” katanya.

Untuk tahap awal, rencana pembangunan pasar Kecamatan Huu ini telah diproses pelelangannya dengan pagu anggaran sekitar Rp1,5 Miliar.

Perubahan fungsi terminal menjadi pasar Kecamatan di Huu ini diakui Hj Sri Suzana, telah dikoordinasikan dengan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Dompu beberapa waktu lalu.

Selain pasar Kecamatan Huu, Hj Sri Suzana juga mengungkapkan, alokasi anggaran Rp10 M dari Kementrian Perdagangan yang direncanakan untuk pembangunan pasar Manggelewa dan dikembalikan tahun 2017 lalu masih tersedia di Kementrian untuk pengembangan pasar Manggelewa. Namun anggaran ini baru akan didatangkan ke Dompu setelah proses pembebasan lahannya selesai.

“Pak Bupati sudah sampaikan, anggarannya masih tersedia di Kementrian. Kalau sudah selesai persoalan tanahnya, nanti akan disampaikan ke Kementerian,” jelasnya.

Ia pun berharap, warga pemilik lahan yang terkena dampak dari rencana pembangunan akses jalan ke lokasi pembangunan pasar Manggelewa dapat menerima harga yang ditawarkan pemerintah. Terlebih pasar manggelewa menjadi jantung ekonomi Dompu.

“Pak Bupati sebut, pasar Manggelewa ini ibarat jantungnya Jakarta. Jadi tetap akan menjadi perhatian pemerintah,” katanya. (ula)

Disqus Comments Loading...

This website uses cookies.