Tinggal Seminggu, 1.346 JCH NTB Belum Lunasi BPIH

Mataram (Suara NTB) – Batas waktu pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahap I tinggal seminggu atau  4 Mei mendatang. Namun masih ada  1.346 Jemaah Calon Haji (JCH) NTB yang belum melunasi BPIH. Bagi yang tidak dapat melunasi BPIH tahap I, maka akan diganti dengan JCH cadangan,  lansia dan pasangan suami istri.

Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag NTB, L. M. Zainuddin, SH, MH menyebutkan jumlah kuota JCH NTB tahun 2018 sebanyak 4.476 orang. Untuk tahap I baru 70 persen JCH yang sudah melunasi BPIH atau sekitar 3.130 orang. Artinya, masih ada seribuan lebih JCH yang belum melunasi BPIH.

‘’Sekarang untuk NTB sudah masuk 70 persen yang sudah melunasi BPIH. Jumlah jemaah tahun ini 4.476 orang. Tahap I pelunasannya 6 April – 4 Mei. Tahap II mulai 8 – 25 Mei,’’ terang Zainuddin ketika dikonfirmasi Suara NTB, Minggu, 29 April 2018.

Selama ini, kata Zainuddin tak ada kendala dalam proses pelunasan BPIH. Pihaknya masih menunggu sampai 4 Mei mendatang, berapa jumlah JCH yang tak melunasi BPIH. Bagi JCH yang masuk porsi tahun ini, kemudian tidak melunasi sampai batas waktu 4 Mei mendatang, maka otomatis gagal berangkat haji tahun ini.

Mereka akan diganti JCH cadangan, lansia dan pasangan suami istri. Jemaah cadangan inilah yang akan melunasi BPIH tahap II pada 8 – 25 Mei mendatang.

Ketika ditanya apakah ada pengaruh kenaikan kurs dolar AS terhadap BPIH? Zainuddin mengatakan tidak ada pengaruhnya. Meskipun nilai tukar mata uang dolar AS naik, namun akan ditanggung oleh pemerintah.

‘’Apabila sudah dikeluarkan Keppres itu apapun yang terjadi tanggung jawab pemerintah. Yang disetor jemaah tetap Rp 38,8 juta sesuai Keppres,’’ jelasnya. (nas)