Kurangi Limbah Plastik, Novotel Beralih Gunakan Sedotan Bambu

Advertisement

Praya (Suara NTB) – Manajemen Novotel Resort Lombok Kuta mulai menerapkan sejumlah kebijakan baru, dalam upaya mengurangi limbah plastik dikawasan Mandalika. Salah satunya, dengan mengganti straw (sedotan)  berbahan plastik, dengan sedotan dari bambu. Kebijakan tersebut mulai diterapkan manajemen Novotel Lombok Kuta, Sabtu, 21 April 2018.

“Penggunaan sedotan dari bambu ini adalah upaya kita dalam mengurangi sampah plastik,” terang General Manager Novotel Lombok-Kuta, Jan Kroeckel kepada wartawan. Dengan pengurangan sampah plastik tersebut diharapkan kondisi lingkungan bisa lebih nyamn. Mengingat, keberadaan sampah plastik sudah sangat memprihatinkan.

“Ini juga sebagai bentuk tanggung jawab kita selaku pengelola hotel. Dalam upaya turut menjaga kenyamanan dan kelestarian lingkungan dari dampak sampah plastik,” tambahnya.

Penggunaan sedotan bambu tersebut terispirasi dari keinginan untuk tetap menjaga keindahan kawasan Kuta pada khususnya agar terus terjaga keindahan serta kelestariannya lingkungannya. Karena bagaimanapun juga, kelestarian lingkungan di kawasan Pantai Kuta merupakan salah satu pendukung perkembangan pariwisata di daerah ini.

“Kalau sedotan plastik sekali pakai langsung buang dan itu bisa mengancam. Tapi kalau menggunakan sedotan bambu bisa digunakan berulang kali. Sehingga volume sampahnya bisa ditekan,” jelasnya.

Untuk menjamin kebersihan sedotan bambu tersebut terjaga, sehingga aman untuk digunakan berulang kali, pihaknya tetap melakukan pembersihan setiap kali selesai digunakan. “Pastinya soal kebersihan sedotan tersebut kita jaga betul. Karena ini akan digunakan beberapa kali,” tandas Jan Kroeckel.

Adapun untuk sumber bahan baku untuk sedotan bambu tersebut, sementara didatangkan dari Pulau Bali. Tapi ke depan, seiring dengan pertambahan kebutuhan sedotan bambu tersebut diharapkan bisa dipenuh dari masyarakat lokal setempat. (kir)

Disqus Comments Loading...

This website uses cookies.