Dikuasai Oknum Pengusaha, Pemda Lombok Barat Bentuk Tim Identifikasi Status 23 Gili

Giri Menang (Suara NTB) – Pemkab Lombok Barat (Lobar) dan Pemprov NTB membentuk tim untuk mengidentifikasi status gili-gili (pulau kecil) di wilayah Sekotong, menyusul adanya informasi jika puluhan pulau kecil tersebut dikuasai oknum pengusaha. Tim identifikasi ini akan melacak kepemilikan gili untuk memperjelas pengembangan gili-gili tersebut ke depan. Sebab jika tidak jelas statusnya, maka investor enggan berinvestasi.

“Kita dan provinsi mengidentifikasi status pulau-pulau kecil di Sekotong, apakah ada nama pengusaha di sana. Provinsi sudah bentuk Tim,” tegas Sekda Lobar H. Moh. Taufiq, Rabu, 18 April 2018.

Menyoal penguasaan gili tersebut pihak Pemprov NTB atas instruksi gubernur membentuk tim untuk mengidentifikasi status pulau tersebut. Tim ini akan melihat sejauh mana potensi pengembangan ke depan. Terkait keseriusan dari tim ini, jelasnya, pihaknya tentu mengawal keseriusan investor. Jika tidak serius, maka disikapi tegas. Namun ia mengimbau agar kenyamanan investor dijamin, sebab jika ada gangguan-gangguan menyebabkan investor tidak mau menanamkan investasi di Lobar.

Terkait rencana pengusaha Tomi Winata yang berencana mengelola balasan pulau di Sekotong, menurutnya Pemprov NTB ada rencana mengembangkan wisata di Sekotong. Pihaknya perlu memastikan keseriusan dari investor tersebut. Jika satu orang mengelola 12 Gili, menurutnya bukan berarti yang sudah ada diusir, namun diajak kerjasama untuk mengembangkan pariwisata di Lobar.

Pada bagian lain, ujarnya, Pemerintah Taiwan tertarik menjajaki investasi di beberapa sektor seperti pariwisata dan perikanan. Pihak Konsulat Jenderal Taiwan di Surabaya Jawa Timur datang dalam rangka menghadiri HUT Lobar. Pihak konsulat ini bakal mengajak investor untuk berinvestasi di Lobar. Pihaknya akan melakukan konsultasi lanjutan ke pihak Konsulat Jenderal Taiwan tersebut.

Sementara itu, Co Deputy Director Taipei Economic and Trade Office on Surabaya, Brian H T, menegaskan komitmen Pemerintah Taiwan siap berinvestasi di Lobar. Dalam hal ini pihaknya fokus beberapa bidang seperti perikanan, pariwisata dan kepala muda, pertanian. Pihaknya masih menjajaki peluang investasi di Lobar. (her)