Organda Terima Subsidi Angkutan Rp 500 Juta

0

Mataram (Suara NTB) – Organisasi Angkutan Darat (Organda) memperoleh subsidi dari Dinas Perhubungan Kota Mataram sebesar Rp 500 juta. Bantuan ini diperuntukkan bagi angkutan pelajar (feeder).

Ketua Organda Kota Mataram, Suratman Hadi menyampaikan, subsidi yang diterima Rp 500 juta dari Dinas Perhubungan sedang dipersiapkan dilakukan lelang. Anggaran itu akan dibagi ke tiga perusahaan angkutan kota.

“Kita sedang lelang besaran subsidinya. Mereka Nanti berkompetisi mendapatkan ini,” kata Suratman dikonfirmasi pekan kemarin.

Tahap awal dengan bantuan Rp 500 juta membutuhkan 32 unit kendaraan dioperasikan. Tidak menutup kemungkinan kata dia, dievauasi kembali sejauh mana antusias masyarakat menggunakan feeder. “Kalau masyarakat antusiasnya tinggi. Kita akan menambah armada dan anggaran,” ujarnya.

Sebanyak 32 unit kendaraan bakal dijadikan angkutan pelajar (feeder) akan dipilih sesuai spesifikasi ditentukan. Pihaknya akan selektif melihat laik jalan dibuktikan dengan buku uji kir, izin trayek serta kelengkapan kendaraan lainnya. Selain itu, perusahaan harus memberikan pelatihan bagi pengemudi, dilengkapi identitas serta menggunakan seragam.

Suratman menjelaskan, rute yang dilalui oleh angkutan pelajar sesuai hasil kajian ada 30 rute. Angkot hanya sebatas sebagai pengumpan saja. Artinya, hanya mengangkut dari pemukiman menuju halte.

Feeder bersamaan dengan beroperasinya dengan Bus Rapid Transit (BRT). BRT sendiri beroperasi angkutan pelajar,” ucapnya.

Disampaikan Suratman, angkutan feeder mulai beroperasi pukul 06.30 – 08.30 Wita. Selanjutnya, pada siang hari pukul 13.00 – 14.30 Wita. Dia menekankan, subsidi diberikan oleh pemerintah hanya mampu mengcover 32 angkutan. Sementara, jumlah angkot di Mataram sekitar 175 unit. Artinya, angkot lainnya tetap beroperasi di jalur telah utama. (cem)