Wereng Coklat Serang Puluhan Hektar Tanaman Padi di Loteng

Praya (Suara NTB) – Menjelang panen raya padi musim tanam pertama tahun ini, hama wereng coklat mulai menyerang tanaman padi petani di sejumlah kecamatan di Kabupaten Lombok Tengah (Loteng). Data dari Dinas Pertanian Loteng menyebutkan, hingga saat ini luas serangan hama sudah mencapai 45 hektar lebih. Ditambah 200 hektar lebih dalam kondisi terancam serangan hama wereng.

Kepala Dinas Pertanian Loteng, Ir. L. Iskandar, kepada Suara NTB, Sabtu, 24 Februari 2018, mengungkapkan, serangan hama wereng ditemukan di empat kecamatan. Masing-masing Kecamatan Praya Barat, Praya Barat Daya serta Kecamatan Pujut dan Praya Timur. Di mana, serangan terbanyak ditemukan di wilayah Kecamatan Praya Barat.

“Pola serangnya tidak luas di satu area pertanian. Tetapi sporadik di beberapa area pertanian saja. Tapi setelah dikalkulasikan, luas serangnya mencapai 45 hektar lebih,” jelasnya.

Menurutnya, jika tidak segera dilakukan upaya penanggulangan dan pengendalian dikhawatirkan serangan hama wereng ini akan meluas. Dari laporan yang masuk, serangan hama wereng coklat sudah ada sejak sepekan terakhir. Akibatnya, tanaman padi petani yang terserang hama mati dan tidak bisa dipanen. “Rata-rata yang terserang tanaman padi yang sudah hampir siap panen,” tambahnya.

Terhadap serangan ini, pihaknya sudah melakukan upaya pengendalian dengan menerjunkan petugas maupun dengan membagikan obat-obatan kepada petani yang tanaman padinya terkena serangan hama wereng coklat. Dan, dari 200 hektar yang berpotensi terkena serang hama wereng, sekitar 100 hektar di antaranya sudah bisa dikendalikan. (kir)