Ini Nama Pejabat yang Dirotasi Bupati KLU

Advertisement

Tanjung (Suara NTB) – Bupati Lombok Utara, Dr. H. Najmul Akhyar, SH. MH., kembali melakukan rotasi kepada 88 ASN eselon III dan IV lingkup Pemkab Lombok Utara, Kamis, 22 Februari 2018 malam. Dari jumlah itu, 2 di antaranya adalah ASN yang ditugaskan untuk bertugas di Dinas Dukcapil selaku SKPD yang turut bertanggung jawab secara vertikal.

Rotasi yang melibatkan 86 orang di 29 SKPD itu terdiri dari pengisian kepada 18 jabatan untuk mengisi posisi Sekretaris dan Bidang di SKPD. Mereka yang direposisi antara lain, Dr. Fauzan, M.Pd., menjabat Sekdis Dikpora KLU dari sebelumnya Sekretaris Bappeda KLU. Sekretaris Bappeda selanjutnya dipercayakan kepada Yuni Kartika Maesarah dari sebelumnya menjabat sebagai Kabid Sosbud, Bappeda KLU. Pengganti Yuni selanjutnya diisi Adi Wibawa, S.Pt yang sebelumnya menjabat Kabid Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan pada Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian KLU.

Mantan Camat Kayangan, Husna Albayani yang sempat mendapat kritik dari beberapa kepala desa ikut dimutasi, dengan memegang jabatan baru sebagai Sekdis pada Satpol dan Damkar KLU. Sebagai Camat Kayangan yang baru ditunjuk, H. M. Thohir, SH., yang sebelumnya menjabat Sekcam Pemenang. Selanjutnya, Nurdin, S.Pd., yang sebelumnya menjabat sebagai Sekdis Dikpora digeser sebagai Sekdis pada Dinas Perpustakaan dan Arsip.

Terhadap kebijakannya itu, bupati menjelaskan rotasi jabatan adalah sebuah keniscayaan, karena dinamika pemerintahan terus berjalan. Ada berbagai sebab mengapa rotasi dilakukan, diantaranya ada ASN yang memasuki masa pensiun, mengundurkan diri atau diberikan kepercayaan yang lain.

Namun demikian, kata bupati, tidak semua sama perasaannya menyikapi amanah yang diberikan. Ada yang senang, biasa-biasa saja atau bahkan kecewa. Keputusan rotasi agar disadari dan disikapi dengan cara pandang positif sebagai penerima amanah dan pelaksana tanggung jawab yang dibebankan.

Diakuinya, beberapa pejabat mungkin memiliki kesan biasa terhadap pergeseran posisi jabatan yang diberikan. Hal itu tidak lepas dari sikap positif dengan memandang jabatan adalah sebuah pekerjaan yang harus dilaksanakan dengan baik. Sebaliknya, tidak sedikit yang memandang setiap jabatan adalah kesempatan yang berbeda, sehingga pejabat bersangkutan memiliki orientasi yang berbeda pula selama menjalankan tugasnya.

“Saya yakin apapun kepercayaan yang diberikan kepada kita, maka akan sangat tergantung bagaimana kita melaksanakannya saat amanah itu kita pegang. Mudahan kita semua bisa mengawali tugas dengan ini dengan baik,” ujar Najmul.

Kepada para pemangku jabatan yang dipercaya mengemban amanah dan tanggung jawab besar, Bupati mengingatkan agar melaksanakan amanah dengan baik. Pasalnya, selama 2 tahun sebagai bupati ia telah mengeluarkan rambu-rambu inovasi yang dapat diterapkan oleh SKPD sebagai indikator peningkatan pelayanan dan mengukur tingkat kepuasan masyarakat.

Salah satu yang ia maksudkan, agar SKPD-SKPD menyediakan kotak saran di masing-masing instansi. Kotak saran itu include dengan 3 buah kartu yang berwarna merah, kuning dan putih (atau hijau). Masing-masing warna menandakan tingkat kepuasan masyarakat. Merah berarti masyarakat tidak puas, kuning cukup puas, dan putih/hijau berarti sangat puas. Namun sayang, sejak ia gaungkan tahun 2017 lalu, arahan ini tidak dilakukan oleh beberapa SKPD. “Saya memantau beberapa hari ini, apakah itu surat edaran, instruksi dan sebagainya yang saya sampaikan sejak awal, tidak seluruhnya dilakukan oleh kawan-kawan kita yang sedang memegang amanah.”

Selain itu, akunya, dari evaluasi yang dilakukan Kamis malam, banyak hal yang belum sesuai harapan. “Saya mengevaluasi tadi malam, saya di kantor sampai jam 12 malam, saya melihat apa yang kita sampaikan sejak awal, bahkan ketika baru masuk (menjabat), saya mengatakan satu hal, saya ingin agar masyarakat yang datang ke kantor, mereka merasakan kantor itu adalah rumah solusi bagi mereka. Sehingga kita ada resepsionis, ada survei kepuasan public, tetapi sampai hari ini tidak semua melaksanakan,” kritiknya. (ari)

Disqus Comments Loading...

This website uses cookies.