Pertajam Peran dan Fungsi, DPRD Sumbawa Bimtek Ke Jakarta

Sumbawa Besar (Suara NTB) – DPRD Sumbawa menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Ke Jakarta, 6-9 Februari. Terkait penguatan peran dan gungsi DPRD dalam kebijakan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan daerah tahun 2018. Seiring dengan beberapa perubahan regulasi.

Ketua DPRD Sumbawa, Budi Suryata S.P, saat dihubungi Suara NTB, menjelaskan, Bimtek ini, dalam rangka meningkatkan kapasitas pimpinan dan anggota DPRD untuk memahami regulasi regulasi baru yang berhubungan dengan tugas dan tanggung jawab DPRD sebagai wakil rakyat yang menjadi mitra Pemkab.

Beberapa materi dalam Bimtek bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengembangan Kepada Masyarakat Universitas Jayabaya Jakarta. Yakni,  Penguatan Peran dan Fungsi DPRD dalam Upaya Perbaikan Pelayanan Publik. Dengan narasumber tim ahli dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri). Sekaligus Permendagri No. 86 tahun 2017. Kemudian Permendagri No.62 tahun 2017 tentang tata cara laporan pertanggung jawaban dana bantuan parpol oleh Kesbangpol Kemendagri.

Menurut Budi, pelayanan publik terkait upaya wakil rakyat ini untuk mendorong  dan memaksimalkan tugas OPD dalam meningkatkan pelayanan publik. Dengan meningkatkan fungsi-fungsi kontrol dan pengawasan. Serta membuka ruang publik untuk menyampaikan masukan saran maupun aspirasi ke lembaga DPRD untuk kemudian di tindaklanjuti sesuai ketentuan aturan yang berlaku. Ada juga materi, tata cara perubahan RPJPD, RPJMD dan RKPD.

Wakil Ketua DPRD Sumbawa, Kamaluddin S.T, menambahkan, Bimtek juga terkait materi penganggaran berbasis kinerja. Serta implementasi Permmendagri No. 62 tahun 2017 tentang bantuan keuangan terhadap partai politik.  Memang ada penambahan anggaran bantuan parpol dari pusat sesuai regulasi yang baru. “Oleh karena itu, penting kami memahami regulasi yang menyertainya agar kami betul-betul memahami dan tidak salah dalam penggunaannya,”terangnya. (arn/*)