PT MacMahon Indonesia Kembali Buka Rekrutmen, Ini Jumlah Tenaga Kerja yang Dibutuhkan

Taliwang (Suara NTB) – PT MacMahon Indonesia melalui Tim Bersama Rekrutmen Tenaga Kerja bentukan perusahaan dengan pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) kembali membuka proses rekrutmen baru. Kali ini pembukaan lamaran dikhususkan bagi penerimaan tenaga skill (memiliki keterampilan), spesifikasi hight skill (keterampilan tinggi) untuk operator dan pemeliharaan alat berat.

Pengumuman pembukaan lowongan baru itu disampaikan oleh tim rekrutmen bersama perusahaan aliansi PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT) di proyek tambang Batu Hijau, Rabu malam, 31 Januari 2018. Dalam kesempatan itu juga tim sekaligus mengumumkan hasil tes wawancara tenaga skill rekrutmen yang dilaksanakan sebelumnya.

Anggota tim bersama rekrutmen tenaga kerja PT MacMahon, Benny Tanaya menjelaskan, rekrutmen untuk tenaga skill kali ini dibuka untuk 258 job. Di mana ada 2 kategori pekerjaan yakni sebagai operator dan pemeliharaan alat berat. “Hampir sama dengan yang sebelumnya. Karena memang ini untuk tambahan setelah melihat hasil tes tahap pertama,” jelasnya kepada wartawan.

Ia menyebutkan, syarat lamaran untuk pembukaan rekrutmen tenaga hight skill kali terbilang lebih fleksibel dari penerimaan sebelumnya. Benny mencontohkan dari sisi usia, tim menyepakati menaikkan batas umur pelamar hingga maksimal 48 tahun. Dari sisi jenjang pendidikan, minimal lulusan sekolah dasar (SD) dengan pengalaman kerja 4 tahun dan bagi lulusan SMP minimal pengalaman kerja selama 2 tahun.

“Perubahan syarat ini diambil oleh tim untuk memberikan kesempatan bagi tenaga kerja lokal. Karena berdasarkan pengalaman pertama, banyak pelamar lokal gagal karena terbentur usia dan pendidikan padahal dari sisi keahlian dan pengalaman mereka punya,” sambung Benny.

Dengan dibukanya keran penerimaan tenaga kerja baru dengan keterampilan ini, Benny menyatakan, bagi mereka yang sebelumnya melamar di tahap pertama namun tidak lulus dapat kembali berpatisipasi. “Terutama yang lokal karena perusahaan dan Pemda KSB melalui tim membuat kebijakan ini dengan harapan lokal bisa diakomodir untuk bekerja di proyek Batu Hijau,” tukasnya.

Sebelumnya untuk rekrutmen tenaga skill tahap pertama, tim mengumumkan dari 583 pelamar hanya 142 orang yang dinyatakan lulus tes wawancara. Bagi mereka yang lulus selanjutnya masih akan mengikuti tahapan tes berikutnya berupa medical check up (tes kesehatan). (bug)