Sensasi Berselancar di Pantai Gerupuk

0

Praya (Suara NTB) – Pantai Gerupuk merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di Kabupaten Lombok Tengah. Pantai ini banyak dikunjungi oleh wisatawan yang suka melakukan olahraga berselancar. Ombak yang menantang menjadikan pantai ini sebagai tujuan wisatawan, terutama wisatawan mancanegara.

Pantai ini terletak di Desa Gerupuk, Kecamatan Lombok Tengah. Pantai ini juga memiliki nama internasional yang diberikan oleh para peselancar mancanegara. Yaitu Batu Teong (Dondon), Prigi (Inside), Giligoleng (Outside), Batu Lawang (Kids Point), dan Terasaq (Outside Left). Lima tempat di Pantai Gerupuk ini memang menjadi tempat favorit wisatawan yang datang untuk berselancar.

“Masing-masing spot itu diberikan nama tersendiri oleh wisatawan mancanegara yang pernah datang. Itu sesuai dengan jenis ombak yang ada di tempat itu. Kalau berselancar memang mereka (wisatawan) lebih suka di Pantai Gerupuk,” kata peselancar asal Lombok Tengah, Teguh, Kamis, 18 Januari 2018.

Diketahui bahwa ombak di semua tempat tersebut sangat liar. Sehingga menantang penyuka olahraga selancar untuk menaklukkannya. Ombaknya bisa mencapai ketinggian hingga 3 Meter. Pantai ini juga berpasir putih dan dikelilingi pemandangan yang indah. Meski tidak berselacar, wisatawan tetap dapat menikmati suasana di Pantai Gerupuk ini.

“Pemandangan dari pantai ini juga tidak kalah menarik untuk diabadikan dengan ponsel. Kita bisa selfie (swafoto) dengan latar pantai yang indah,” ujarnya.

Pada sore hari, jika wisatawn ingin menikmati pemandangan Pantai Gerupuk dari sisi lain, bisa menaiki bukit kecil yang ada di sebelah timur. Dari tempat ini, wisatawan bisa melihat keseluruhan Pantai Gerupuk dengan latar belakang matahari terbenam.

“Kalau wisatawan yang tidak berselancar biasanya menaiki bukit kecil itu. Tapi memang kebanyakan wisatawan yang datang itu datang untuk berselancar, karena ombaknya yang cukup menantang,” ujarnya.

Pantai Gerupuk hanya berjarak sekitar 9 Kilometer dari Pantai Kuta. Wisatawan dapat mencapai Pantai Gerupuk dengan menggunakan kendaraan darat. Wisatawan dapat mengambil jalur Mataram-Cakranegara-Kediri-Praya-Penujak-Sengkol-Kuta-Desa Gerupuk.

Namun jika memilih menggunakan kendaraan umum, wisatawan dapat menempuh rute Mataram-Bertais-Praya-Sengkol. Setibanya di Sengkol, wisatawan harus berganti angkutan dan mengambil jurusan Sengkol-Kuta. Setelah itu, wisatawan harus melanjutkan perjalanan menggunakan jasa ojek untuk bisa sampai di Pantai Gerupuk. (lin)