Bangunan di Dakota Akhirnya Dibongkar

Mataram (Suara NTB) – Setelah lama terjadi tarik ulur pembongkaran bangunan di Jalan Dakota Kelurahan Rembiga Kecamatan Selaparang, Akhirnya Selasa, 16 Januari 2018, pemilik bangunan membongkar sendiri sebagian bangunan miliknya.

Hingga pukul 10. 35 Wita alat berat yang ditunggu-tunggu, ternyata tak kunjung tiba. Terpaksa pembongkaran dilakukan secara manual. Dua orang pekerja secara bergantian merobohkan tembok menggunakan hammer.

Kepala Seksi Pengendalian dan Pemanfaatan Ruang Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Azimuddin, ST., di dampingi pengawasan bangunan menegaskan, peneguran terhadap bangunan ini sudah berlangsung tiga bulan. Pengusaha diingatkan agar tidak melanjutkan proses pembangunan, karena izin IMB dimiliki telah kedaluwarsa.

Baca juga:  Warga Babakan Tolak Pembangunan Ritel Modern

“Berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 1 Tahun 2016 tentang bangunan disebutkan bahwa, apabila dalam satu tahun tidak ada aktivitas, maka  IMB dianggap hangus,” kata dia.

IMB dimiliki warga sebelumnya telah sesuai. Pembukaan jalan baru mengakibatkan letak bangunan tak sesuai dengan garis sempadan bangunan. Pasca pembukaan jalan Dakota GSB jadi 6 meter. Dari awalnya 12 meter dari jalan.

Dalam Perda Nomor 12 Tahun 2011 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah bangunan tersebut tidak sesuai GSB.  “Setelah ada jalan Dakota, baru ada masalah,” ucapnya.

Baca juga:  Warga Babakan Tolak Pembangunan Ritel Modern

Sekarang ini lanjut dia, pemilik sepakat membongkar sendiri bangunan miliknya. Ada dua opsi sebelumnya diberikan. Pertama, membongkar sendiri. Kedua, pemerintah membantu membongkar.

Kepala Dinas PUPR, Ir. H. Mahmuddin Tura mengatakan, dalam waktu dekat akan membuat kembali surat keputusan (SK) tim terpadu. Setelah itu, tim terpadu diminta turun ke lapangan mengecek pelanggaran areal publik.

Ada laporan pelanggaran areal publik seperti pembuatan kanopi menggunakan tiang. “Secara keseluruhan banyak lokasi. Yang melapor itu tetangga pemilik toko sendiri,” demikian tambahnya. (cem)