Ini Alasan TNGR Ingin Jadikan Pemetik Edelweis Sebagai Duta

0
124

Mataram (suarantb.com) – Pernyataan Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR), R Agus Budi Santosa dalam salah satu media nasional hendak menjadikan pemetik bunga Edelweis sebagai Duta Edelweis menimbulkan tanda tanya. Menanggapi pertentangan di tengah masyarakat, Agus menjelaskan alasannya atas rencana tersebut.

“Jika kita bisa mengubah orang yang tidak peduli konservasi, menjadi orang yang peduli konservasi bahkan menjadi duta Edelweis, itu sebuah prestasi. Kerja di bidang konservasi membutuhkan kepedulian dari semua pihak, tidak akan bisa jika hanya taman nasional,” jelasnya kepada suarantb.com, Selasa, 25 Juli 2017.

Langkah ini disebut Agus merupakan bentuk langkah pembinaan. Karena menurutnya dalam beberapa kasus tertentu pembinaan harus didahulukan sebelum mengambil langkah hukum.

Keberadaan Edelweis sendiri dijelaskan Agus saat ini belum masuk dalam daftar merah The International Union for Conservation of Nature (IUCN). Namun, jika pemetikan terus dibiarkan maka tidak mungkin jika Edelweis di Rinjani akan punah.

“Edelweis sendiri memiliki syarat tumbuh diatas 2.000 mdpl. Di TNGR, padang Edelweis hanya terdapat di jalur pendakian Timbanuh. Di jalur Sembalun arah ke danau ada tetapi jumlahnya sangat sedikit,” katanya.

Agus menambahkan, semua jenis flora dan fauna jika berada didalam taman nasional, maka menjadi pemanfaatannya menjadi sangat terbatas. Selain itu, sebanyak 51 dari 54 hulu sungai sungai yang dimanfaatkan airnya di Pulau Lombok berada di TNGR. Jadi secara hidrologi, Pulau Lombok sangat bergantung pada kelestarian ekosistem TNGR. (ros)

  Banyak Dusun Terpencil di Lotim Belum Nikmati Listrik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

five + two =