Pengisian Posisi Wabup, Bupati Lobar Surati Lima Parpol Pengusung

0
85

Giri Menang (Suara NTB) – Bupati Lombok Barat (Lobar), H. Fauzan Khalid mengirim surat ke lima parpol pengusung, yakni Golkar, PAN, Hanura, PDIP dan Demokrat. Langkah ini diambil bupati guna menindaklanjuti instruksi Gubernur NTB untuk segera melakukan pengisian posisi wakil bupati (wabup).

Inti surat bupati ke parpol adalah, meminta parpol pengusung paket AZAN (Zaini Arony-Fauzan Khalid) segera mengusulkan dua nama calon wabup untuk dipilih oleh DPRD.

Anggota DPRD Lobar dari Partai Demokrat, Suhaimi, membenarkan adanya instruksi dari gubernur terkait pengisian wabup. Mengenai langkah Demokrat, Suhaimi, mengaku, pihaknya siap menindaklanjutinya. Namun bagaimana tindaklanjutnya tergantung dari Ketua Partai Demokrat Lobar dan siap diajak berkomunikasi oleh parpol lain.

Jika petinggi parpol mengamanahkan untuk membahas pemilihan wabup ini, pihaknya bakal mengamankan. Diakuinya, surat itu tidak saja ke Demokrat, namun ditujukan ke 4 parpol pengusung lainnya.

Ketua DPD II PAN Lobar, Adnan juga mengaku menerima surat dari bupati. Dalam hal ini, ujarnya, PAN tetap konsisten agar pengisian posisi wabup segera dilakukan.

Dalam surat Bupati bernomor 800/59/BUP/2017 tersebut ditujukan ke lima ketua DPD parpol pengusung. Terkait pengisian posisi wabup, mengacu ketentuan pasal 176 ayat 1 UU nomor 10 tahun 2016 tentang perubahan kedua atas UU nomor 1 tahun 2015 tentang penetapan PP pengganti UU Nomor 1 tahun 2014 tentang pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota menjadi UU menyatakan proses pengisian wabup yang kosong dilakukan berdasarkan usulan dari parpol atau gabungan parpol pengusung. (her)

  Posisi Wabup Belum Terisi, Parpol Pengusung “Galau”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here