Hasil Sengketa Pilkades Serentak di Lotim Diserahkan ke Bupati

0
73

Selong (Suara NTB) – Tim penyelesaian sengketa pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di Lombok Timur (Lotim) yang dilaksanakan 14 Desember 2016 lalu diserahkan ke Bupati Lotim H. Moch. Ali Bin Dachlan, Jumat, 13 Januari 2017. Penyerahan hasil sengketa itu dilakukan setelah tim mendapatkan hasil dan keterangan yang cukup dari tiga calon kepala desa (kades) yang mengajukan keberatan.

Dikonfirmasi Suara NTB, Ketua Tim Penyelesaian Sengketa Pilkades serentak di Lotim, Andika Istujaya mengatakan, ketiga calon kades yang mengajukan keberatan, yakni di Desa Tanjung Luar, Desa Dasan Borok dan Desa Batu Nampar. Saat ini ketiga desa sudah selesai diklarifikasi termasuk memintai keterangan terhadap sejumlah saksi yang diminta.

“Hasilnya sudah turun dan hari ini, (kemarin,red) hasil itu kita serahkan bupati,” terangnya.

Dengan diserahkannya hasil itu ke bupati, sambung Andika yang saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Lotim, tugas dari tim sengketa Pilkades sudah selesai dan kemudian keputusan sepenuhnya berada di tangan bupati.

Apabila ada yang tidak puas dengan keputusan bupati, maka dipersilakan melanjutkan gugatannya ke proses hukum lebih tinggi yakni ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) dengan melakukan gugatan terhadap SK Bupati yang menjadi acuan dan rujukan penetapan kades terpilih yang kemudian akan dilantik pada bulan Maret 2017 mendatang.

Diketahui, ketiga calon Kades dari 53 desa yang melaksanakan Pilkades pada 14 Desember lalu, tiga calon Kades yang mengajukan keberatan itu memiliki alasan yang berbeda-beda, seperti ada yang menggugat SK Ganda, DPT, maupun dugaan adanya pemilih dari luar desa yang ikut melakukan pencoblosan pada pesta demokrasi tingkat desa tersebut. (yon)

  Pemkot Mataram Mulai Cairkan Dana Kelurahan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here