Angin Puting Beliung Terjang Loteng, Puluhan Rumah Rusak

Advertisement

Mataram (suarantb.com) – Bencana angin puting beliung menerjang sejumlah desa di Kecamatan Praya Timur  Lombok Tengah (Loteng), Minggu siang, sekitar pukul 12.30 WITA. Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTB, Mohammad Rum menyampaikan puluhan rumah rusak akibat amukan angin berkekuatan tinggi tersebut.

“Akibat kejadian itu, puluhan rumah dilaporkan rusak, untungnya tidak ada korban jiwa,” jelas Rum melalui pesan singkat, Minggu, 26 November 2017.

Menurut hasil pantauan terkini BPBD NTB, bencana ini terjadi di Desa Mujur Kecamatan Praya Timur dan merusak rumah penduduk di sejumlah dusun di desa tersebut. Di Dusun Mungkik Desa Mujur dilaporkan 5 rumah warga rusak dan 9 ruang kelas di SMA 1 Praya Timur rusak ringan.

Kerusakan lebih parah terjadi di Dusun Senayan dan Dusun Budiwaton Desa Mujur. Di Dusun Senayan 30 rumah warga rusak akibat dahsyatnya angin puting beliung tersebut. Sementara di Dusun Budiwaton 40 rumah warga dan satu musala rusak. Selain itu tembok lapangan umum Praya Timur sepanjang 50 meter roboh.

“Beberapa pohon juga tumbang diterjang angin puting beliung,” ucapnya.

Rum menambahkan untuk penanganan sementara tim BPBD NTB telah turun ke lokasi bencana dan melakukan pendataan untuk kerusakan. Untuk selanjutnya akan diproses dengan pemberian bantuan pada warga yang rumahnya mengalami kerusakan. Semetara untuk bantuan yang bersifat darurat telah ditangani oleh BPBD Lombok Tengah.

Sementara itu, terkait erupsi Gunung Agung di Bali Rum mengingatkan agar masyarakat tetap waspada terhadap sebaran abu vulkanik di wilayah Lombok. “Sedapat mungkin tidak keluar rumah jika tidak begitu penting, dan jika terpaksa harus keluar, gunakan masker,” pesannya. (ros)

Disqus Comments Loading...

This website uses cookies.