Bupati KLU Terima Penghargaan Pengembangan Agrowisata “Kampung Cokelat”

Tanjung (Suara NTB) – Bupati Kabupaten Lombok Utara (KLU), Dr. H. Najmul Akhyar, SH,MH., didampingi Wakil Gubernur NTB, H. Muh. Amin, SH., MSi., menerima penghargaan Terhadap Pengembangan Komoditas  Kususnya Perkebunan Agrowisata “Kampung Cokelat” dari Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian di Ballroom Hotel Lombok Raya, Rabu, 13 September 2017. Acara ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian se-NTB.

Dalam sambutannya Wakil Gubernur NTB H. Muh. Amin, menegaskan, sektor perkebunan memegang peranan peranan penting selain sektor pariwisata peternakan, perikanan dan kelautan. Sebab NTB memiliki sektor perkebunan yang bisa diandalkan. Dalam kebijakan pembangunan di NTB, diarahkan dengan menggerakkan dan memfasilitasi pengembangan produksi perkebunan yang berorientasi pada pasar dengan pemberdayaan dan penguatan hilir.

‘’Komoditi unggulan yang saat ini  di budidayakan adalah kopi, kakao, tembakao, jambu mete dan kelapa. Saya berharap semua ini akan dapat terus kita  dukung dengan cara lebih meningkatkan lagi kualitas dan produktivitas komoditi perkebunan di kabupaten kita masing-masing, sehingga akan terus mampu bersaing dengan produksi perkebunan di daerah lainnya,”  ujarnya.

Sementara itu Bupati KLU H. Najmul Akhyar menjelaskan, KLU dengan kawasan perkebunan yang sangat luas telah turun temurun menanam berbagai macam komoditi, salah satu yang menjadi andalan petani adalah cokelat, disamping juga ada kopi, cengkeh dan lainya. Namun selama ini petani hanya mampu menghasilkan panen sekedar untuk dijual setelah panen tanpa adanya inovasi.

Bupati mengharapkan melalui kampung cokelat ini petani tidak hanya  menanam cokelat dan menjual dalam bentuk mentahnya saja, akan tetapi petani akan mampu untuk memproduksi   pasca panennya, sehingga akan memberikan nilai tambah dengan membuat inovasi olahan dari cokelat dan dipadukan dengan tanaman komoditi lainnya yang mereka tanam di kebun. (ari)