TMMD Ke-99, Polsek Pekat Tindak Tegas Pelaku Kejahatan Tiga C

Dompu (Suara NTB) – Kapolsek Pekat, Ipda Malik, SH selaku pemateri dalam program non fisik TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke 99 di SMAN 1 Pekat beberapa waktu lalu menyampaikan akan menindak tegas para pelaku kejahatan tiga C (Curat, Curas dan Curanmor). Keberadaan para pelaku kejahatan ini sangat diresahkan masyarakat. Parahnya, tak sedikit dari mereka berasal dari kalangan pelajar dan masih di bawah umur.

“Untuk itu saya tegaskan siswa jangan coba-coba melakukan kejahatan ini, sebab kami di penegak hukum akan tetap menindak tegas, bahkan ada yang pernah kami lumpuhkan,” ungkap Abdul Malik yang baru menjabat Kapolsek Pekat beberapa waktu lalu ini.

Baca juga:  Otak Pelaku Perampokan Bejat Ditembak

Dari beberapa kasus yang berhasil diungkap dan dikembangkan terindikasi para pelaku kejahatan tersebut, khususnya curanmor sudah terorganisir dengan baik. Sehingga tak heran jika polisi kesulitan melacak keberadaan mereka.

Apalagi orang dan modus yang dikembangkan cukup bervariasi, seperti menduplikat kunci kendaraan dengan cara memanfaatkan rekan korban, meminta diantar ke suatu tempat dan sebagainya. “Jadi selain kita tidak masuk kelompok ini kita juga harus tetap waspada ketika menyimpan kendaraan, karena para pelaku tidak melihat siapa korbanya,” jalas Malik.

Dan informasinya lanjut dia, spesialis curanmor yang pernah tertangkap dan ditahan saat ini sudah banyak yang bebas dari penjara, mereka kini merekrut pemain baru sebagai eksekutor utama pencurian. Parahnya kelompok ini tak segan-segan membunuh korbanya. Untuk itu diharapakan siswa sebagai generasi penerus bangsa tidak tersangkut dalam jaringan ini.

Baca juga:  Tersangka Pencuri Mesin Perahu Nelayan Ditangkap

Jika terbentur persoalan ekonomi sebaiknya dikomunikasi terlebih dahulu dengan orang-orang terdekat. “Seperti orang tua, guru dan sebagainya. Dengan begitu kita tidak akan mudah terpengaruh untuk melakukan kejahatan,” ujarnya.

Danramil Pekat, Lettu Inf. Ibrahim yang juga menyapaikan materi non fisik meminta pada siswa untuk taat pada peraturan perundang-undang. Karena sikap taat dan patuh ini yang akan mampu menjaga keutuhan NKRI. (jun)