BPBD Koordinasi dengan Polisi Soal Pemicu Kebakaran Wisma Daerah Sumbawa

0

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Kepala BPBD Kabupaten Sumbawa, Drs. Zainal Abidin mengakui pihaknya terjun ke lokasi sekitar pukul 10.00 Wita setelah mendapatkan informasi kebakaran Wisma Daerah Sumbawa.

Guna memadamkan api, sebanyak empat unit mobil pemadam kebakaran yang diturunkan termasuk satu unit mobil kecil. Mengenai penyebab kebakaran pihaknya belum berani menyimpulkannya. Nanti pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk memastikan penyebab yang sebenarnya.

Damkar yang dikerahkan sempat kewalahan dalam memadamkan api karena keterbatasan armada. Di mana dari tujuh armada yang ada hanya lima unit yang berfungsi termasuk satu unit mobil kecil. Sementara dua unit rusak berat. Terkait kekurangan armada ini, pihaknya tetap mengupayakan melalui APBD dan APBN.

‘’Memang kami masih kekurangan armada. Sarana prasarana yang perlu ditambah. Tetapi kami tetap berupaya selain dari APBD juga dari APBN dalam hal ini Kementrian Dalam Negeri. Kita kemarin sudah mengajukan proposal untuk mendapatkan mobil pemadam. Dipengajuannya sebanyak 15 unit,’’ sebutnya.

Belum ada pihak yang berani memastikan penyebab terjadinya kebakaran, meski sempat ada dugaan awal yang muncul karena arus pendek.

Kapolres Sumbawa AKBP Yusuf Sutejo,SIK MT telah berupaya bersama pihak lainnya untuk memadamkan api. Bahkan menurunkan water canon kemudian mobil pemadam kebakaran Sat Damkar,Bandara dan bantuan lainnya. Pihaknya pun masih menyelidiki penyebab kebakaran.

‘’Setelah ini kita koordinasi dengan pemadam kira-kira apa muasal apinya,’’ katanya. (ind/arn)