Ratusan Pejabat Lobar di Mutasi

Giri Menang (Suara NTB) – Sebanyak 250 pejabat Pemkab Lombok Barat (Lobar) dimutasi, Jumat, 9 Juni 2017. Ratusan pejabat ini terdiri dari eselon II, III dan IV. Dari ratusan pejabat yang dimutasi, dua pejabat eselon II yang dimutasi, yakni I Nyoman Sembah yang sebelumnya menjabat Kadis Koperasi dan UMKM. Sedangkan pejabat lama, H. Mahyudin menggantikan Nyoman Sembah. Tiga pejabat dilantik menjadi camat, masing-masing Camat Gerung, Narmada dan Lembar.

Mutasi yang dimulai pukul 14.05 berlangsung di Aula Kantor Bupati Lobar. Hadir pada kesempatan itu, Sekda Lobar H. Moch. Taufiq, para asisten dan pimpinan SKPD. Dari 250 pejabat yang dimutasi, ada 2 pejabat eselon II, administrator atau eselon III sebanyak 73 orang dan pengawas atau eselon IV sebanyak 175 orang.

Baca juga:  Wabup Minta ASN Inovatif dan Disiplin

Sementara jabatan Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) yang sebelumnya lama kosong sepeninggalan M. Hendrayadi yang dilantik menjadi Kadis Dikbud diisi mantan Kepala SMAN 1 Gerung, H Nasrun. Pengisian jabatan ini cukup menjadi pembicaraan di Dikbud, pasalnya H. Nasrun sudah menjadi pegawai Pemprov sehubungan kewenangan bidang pendidikan menengah dilimpahkan ke provinsi.

Bupati H. Fauzan Khalid, menegaskan, mutasi yang dilakukan ini bisa positif dan negatif. Positif boleh jadi para pejabat bersyukur dan bersabar, namun syukur dan sabar konsekuensinya sama, yakni kalau bersyukur terhadap jabatan yang diberikan dan bersabar terhadap amanah yang diberikan hasilnya sama. “Insya Allah memberikan energi positif bagi kita semua untuk dapat memberikan yang terbaik dengan amanah dan kewajiban yang diamanahkan kepada kita,” jelas bupati.

Baca juga:  Lima Pimpinan OPD Kota Mataram Dilantik

Sementara sikap negatif justru ketika diberikan yang bagus akan angkuh dan diberikan yang lebih rendah pasti akan marah. Karena itu ia berharap kepada para pejabat yang baru saja dilantik supaya tanggapan dan respons terhadap jabatan ini ambil yang positif saja, bersyukur dan bersabar.

Ia menambahkan 2-3 bulan ke depan, kembali akan dilakukan mutasi sembari mengisi jabatan lowong yang akan ditinggal oleh para pejabat yang akan pensiun. Untuk itu ia meminta sekda untuk melakukan evaluasi secara objektif, rasional tanpa melihat, mempertimbangkan hal lain, selain faktor objektivitas, faktor rasionalitas dan pemberian pelayanan terhadap seluruh masyarakat Lobar. (her)