Lima Ekor Ikan Paus Terdampar di Pantai Kertasari, KSB

Taliwang (Suara NTB) – Sedikitnya lima ekor ikan paus terdampar di pantai Kertasari, Desa Kertasari, Kecamatan Taliwang. Dari lima ekor ikan paus tersebut, hanya satu ekor paus yang dinyatakan mati setelah terdampar di bebatuan yang diperkirakan berukuran 2,3 meter.

Untunglah sisanya berhasil diselamatkan oleh masyarakat setempat yang dibantu anggota kepolisian dan TNI, Sabtu, 20 Mei 2017 sekitar pukul 17. 30 WITA.

Pantauan Suara NTB, pada hari Minggu, 21 Mei 2017 menyebutkan, kondisi ikan paus yang terdampar sudah tidak ada, tersisa tinggal beberapa daging dan kulitnya saja. Hal tersebut terjadi setelah sebelumnya masyarakat sekitar berbondong-bondong untuk mengambil daging ikan tersebut.

Terlihat juga masyarakat yang datang menggunakan parang yang diindikasikan datang mencari ikan paus yang terdampar kemarin untuk mengambil sisa dagingnya lagi. Meskipun sempat ada pengawalan dari aparat setempat dan dinas terkait (Dinas Kelautan dan Perikanan) tetapi masyarakat tidak menggubrisnya. Sementara sisa daging ikan paus yang berhasil ditemukan lokasi hanya sekitar beberapa kilo saja dan langsung dikuburkan oleh aparat penegak hukum.

Baca juga:  10.000 Kakap Putih dan 500 Tukik Dilepas di Kuranji

Kapolres Sumbawa Barat AKBP Andy Hermawan SIK kepada Suara NTB membenarkan adanya lima ekor ikan paus yang terdampar di pantai tersebut. Hanya saja dari lima ekor tersebut empat diantaranya berhasil diselamatkan dengan mendorong ikan tersebut ke arah laut yang lebih dalam. Sementara satu ekor sisanya yang dinyatakan mati tersisa tinggal beberapa kilogram dagingnya saja. Hal tersebut terjadi karena masyarakat datang berbondong untuk mengambil daging ikan tersebut.

Baca juga:  10.000 Kakap Putih dan 500 Tukik Dilepas di Kuranji

“Anggota Bhabin dan Babinsa sudah ada di lokasi penemuan untuk mengamankan ikan ini dari serbuan masyarakat yang ingin mengambil dagingnya. Tetapi semua peringatan dan imbauan tidak digubris oleh masyarakat,” ungkapnya.

Disebutkan Kapolres, sampai dengan saat ini pihaknya tidak mengetahui secara pasti apa akibat paus-paus ini terdampar. Namun yang jelas, biasanya ikan-ikan melakukan migrasi ke daerah yang suhu airnya lebih hangat.

“Mungkin tujuan ikan-ikan ini bukan ke Kertasari tapi ke lokasi lain, karena ombaknya sangat kencang di Kertasari akhirnya ikan-ikan ini terdampar,” ujarnya. Namun terhadap sisa daging yang ditemukan di lokasi pihaknya langsung menguburkannya. (ils)