Dua Maskapai Internasional Berencana Buka Rute ke LIA

Praya (Suara NTB) – General Manager (GM) PT. Angkasa Pura (AP) I Lombok International Airport (LIA), I Gusti Ngurah Ardita, mengatakan, pihaknya saat ini tengah melakukan pembicaraan intensif dengan dua maskapai penerbangan internasional. Pembicaraan ini terkait rencana pembuka rute penerbangan internasional dari dan menuju LIA, yakni dengan Korean Air serta Royal Brunei.

Bahkan, kata Ardita, Minggu, 14 Mei 2017, kedua maskapai bersangkutan sudah mengirim tim khusus untuk melakukan evaluasi dan penilaian terhadap potensi pembukaan rute penerbangan. Baik itu yang terjadi, pasar dan penumpang serta potensi lainnya yang bisa menjadi pendukung pembukaan rute penerbangan internasional tersebut.

“Dengan perwakilan kedua maskapai, kita juga sudah pembicaraan awal. Dan, saat ini pembicaraan secara intensif masih terus dilakukan,” terangnya.

Baca juga:  Bandara Selaparang Dioperasikan

Ia menjelaskan, kedua maskapai ini cukup tertarik untuk membuka rute penerbangan langsung dari negaranya masing-masing menuju LIA. Keinginan ini setelah melihat ada potensi cukup besar yang dimiliki NTB dan Pulau Lombok khususnya dan bisa menjadi alasan mendasar bagi kedua maskapai internasional ini untuk membuka rute penerbangan di LIA.

Meski demikian, Ardita mengaku semua sangat tergantung pihak maskapai, karena banyak aspek yang menjadi pertimbangan sebuah maskapai untuk membuka rute penerbangan. Apalagi ini penerbangan internasional. Bukan hanya dari sisi ekonomi saja, aspek sosial dan keamanan juga menjadi faktor pendukung utama.

Tapi yang jelas, kalau dari pihak bandara sangat siap menyambut pembukaan rute penerbangan internasional ini dan berbagai persiapan sudah dan akan terus dilakukan supaya bisa memenuhi standar layanan penerbangan yang dibutuhkan.

Baca juga:  Bandara Selaparang Dioperasikan

Menurutnya, jika dua maskapai internasional ini jadi membuka rute penerbangan di LIA, akan bisa memancing masuknya maskapai-maskapai lainnya. “Pembenahan yang kita lakukan saat ini tidak murni karena akan ada masuk dua maskapai internasional. Tetapi memang itu sudah masuk dari rencana dan program PT. AP I LIA sendiri,” ujarnya.

Diakuinya, perkembangan LIA sendiri saat ini terbilang cukup pesat. Itu bisa dilihat dari peningkatan jumlah penumpang yang secara kontinyu terus terjadi. Untuk itu, diharapkan akan semakin pesat perkembangannya dengan masuknya maskapai-maskapai internasional itu nantinya. (kir)