Berkat Jagung, Bupati Dompu Panen Penghargaan Lagi

Dompu (Suara NTB) – Bupati Dompu, Drs. H. Bambang M. Yasin kembali mendapat penghargaan dari pemerintah pusat atas kesuksesannya dalam program jagung di Dompu. Kesuksesan program jagung ini berhasil meningkatkan angka kesejahteraan warga Dompu dan di sisi lain juga bisa menjaga perbenihan nasional.

Dua penghargaan yang diperoleh Bupati Dompu ini berasal dari Seven Media dan Masyarakat Perbenihan dan Perbibitan Indonesia (MPPI). Seven Media ini didukung oleh 12 Kementerian Indonesia di antaranya Kementerian Komunikasi dan Informasi, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian BUMN, Kementerian Pariwisata, Kementerian Desa, Kementerian Perempuan dan Perlindungan Anak, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Koperasi & UKM, Kementerian Luar Negeri, Asosiasi Pengusaha Indonesia, Asosiasi Bisnis dan Profesi, dan Indonesia Achievement Center.

Penyerahan penghargaan dari Seven Media ini dilakukan dalam acara Indonesia Ministers Awards 2017 untuk Government & BUMN di The Trans Resort Bali, Jumat (28/4) malam. Hal ini sesuai undangan yang diterima Bupati yang ditandatangani oleh Hana Halim selaku Founder Seven Media. Bupati Dompu, Drs H Bambang M Yasin mendapat penghargaan untuk kategori “Outstanding Agricultural Industry & Stock Breeding of The Year 2017”.

Penghargaan dari Seven Media ke Bupati Dompu ini merupakan penghargaan kedua yang diberikan setelah tahun 2016 lalu juga diberikan. Karena Bupati Dompu dinilai berhasil menggerakkan rakyatnya untuk mengoptimalkan lahan tadah hujan yang sebelum tidak banyak digarap, bahkan menjadi lahan tandus. Kini lahan – lahan tersebut dimanfaatkan para petani untuk mengembangkan jagung dan hasil jagung petani Dompu berhasil menggerakkan ekonomi Dompu menjadi lebih sejahtera.

Bupati Dompu, H. Bambang M. Yasin saat menerima penghargaan

Selain penghargaan dari Seven Media, Bupati Dompu juga akan mendapat penghargaan dari Masyarakat Perbenihan dan Perbibitan Indonesia (MPPI). Penghargaan ini hanya diberikan kepada 10 orang tokoh dan tiga orang diantara Gubernur serta enam orang Bupati, yaitu MPPI Award kategori Pelestari Plasma Nutfah dan Penggerak Industri Perbenihan/Perbibitan Nasional.

Penghargaan ini akan diberikan dalam acara Munas III MPPI dan kongres perbenihan perbibitan Nasional di Universitas Muhammadiyah Convention Center Ahmad Dahlan Banda Aceh Provinsi Aceh, Minggu, 7 Mei 2017.

Bupati Dompu, H. Bambang M. Yasin menunjukkan kegembiraannya dengan hasil panen jagung petani warganya di suatu wilayah.

Bupati Dompu, Drs. H. Bambang M.Yasin akan menerima penghargaan MPPI Award bidang perbenihan tanaman pangan. Gubernur NTB juga mendapat MPPI Award bidang perbenihan perkebunan dan tanaman pangan. Penghargaan juga diberikan kepada Gubernur Jawa Barat, dan Gubernur Aceh. Untuk lima Kabupaten lainnya diterima oleh Bupati Lamongan Jawa Timur, Luwu Sulawesi Selatan, Sorong Selatan Provinsi Papua Selatan, Banggai Kepulauan Provinsi Sulawesi Tengah, Bener Meriah Provinsi Aceh, dan Ir Mamik Suharto pemilik Taman Buah Mekarsari Kabupaten Bogor Jawa Barat.

Penghargaan MPPI Award ini juga bertepatan dengan pelaksanaan Pekan Nasional (PENAS) Petani Nelayan di Banda Aceh Provinsi Aceh yang akan berlangsung 6 – 11 Mei 2017 mendatang. Selain akan menerima penghargaan, Bupati juga dijadwalkan akan menjadi pembicara pada salah satu seminar nasional di PENAS ini. (ula/*)