Ikuti Gelar TTG Provinsi

Dompu Kirim Inovasi Bahan Ajar dan Produk Sabun Obat Gatal

Dompu (Suara NTB) – Gelar tekhnologi tepat guna (TTG) tingkat provinsi NTB yang dilangsungkan di Lombok Barat, Selasa, 25 April 2017 ini juga diikuti oleh perwakilan Kabupaten Dompu. Dua kreatifitas warga Dompu yang diikutkan dalam TTG tahun ini berupa inovasi bahan ajar dan produk sabun untuk mengobati gatal.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Dompu, H. Supardi, S.Sos, MSI.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Dompu, H Supardi, S.Sos, MSI kepada Suara NTB, Senin, 24 April 2017, mengungkapkan, pameran tekhnologi tepat guna (TTG) tingkat Provinsi NTB yang dilangsungkan di Lombok Barat, 25-27 April ini, Kabupaten Dompu menampilkan 2 kreatifitas putra daerah.

Baca juga:  Nurul Persembahkan Tiga Emas untuk Indonesia

Kreativitas berupa inovasi model pembelajaran dan tekhnologi sabun untuk obat gatal. “Pada TTG tingkat Provinsi tahun ini kita ikutkan untuk inovasi model pembelajaran dan tekhnologi sabun obat gatal,” katanya.

Untuk inovasi model pembelajaran diikuti

oleh Asrul Riadi, S.Pd guru pada SDN 1 Dompu. Ia memiliki inovasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada perkalian dan pembagian dengan alat peraga berupa boneka one mbolo dan siwe mbolo yang mengenakan pakaian adat daerah.

Untuk tekhnologi, Dompu menampilkan sabun susu kuda liar yang memiliki manfaat untuk pengobatan kulit gatal. Tekhnologi ini akan ditampilkan dan dilombakan di TTG tingkat Provinsi. Untuk tekhnologi sabun gatal ini mendapat respon positif, bahkan sebelum pembukaan TTG sabun yang dibawa sisa 4 biji. “Untuk sabun gatal ini sudah mulai dipasarkan secara on line,” terang H Supardi.

Baca juga:  Masyarakat Harus Cerdas dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0

Pada TTG tahun 2017 ini, Kabupaten Dompu juga membawa serta produk unggulan daerah untuk ikut dipamerkan. Produk unggulan ini berupa hasil kreatifitas warga Dompu dalam bentuk makanan, ikan, snack dan produk unggulan lainnya. Seperti abon ikan, dodol rumput laut, keripik dan berbagai produk unggulan lainnya. (ula/*)