Lagi, Pemkot Usulkan Eks RSUP Jadi RTH

Mataram (Suara NTB) – Pemkot Mataram rupanya belum putus asa meminta eks lahan RSUP NTB. Lahan itu kembali diminta sebagai ruang terbuka hijau. Pun, harus ada tukar guling maupun pembelian lahan akan diupayakan penganggarannya melalui APBD.

Sekda Kota Mataram, Ir. H. Effendi Eko Saswito mengatakan, sejak awal untuk pemanfaatan lahan eks RSUP itu sudah diminta ke Pemerintah Provinsi NTB. Akan tetapi,belum ada respon.

Pihaknya memang tidak bisa memaksa karena kewenangan sepenuhnya hak provinsi.

Paling tidak sebagian dari lahan eks RSUP itu dialihfungsikan sebagai ruang terbuka hijau. Sehingga, mengembalikan sejarah yang dulu sebagai taman raja.

Baca juga:  Trotoar KBC Dipercantik, Warga Diminta Ikut Menjaga

“Makanya dia (pemprov) ada kewenangan dan kita hanya berharap,” kata Eko, Kamis, 13 April 2017.

Permintaan kembali memanfaatkan eks RSUP itu setelah mendengar usulan dari Forum Anak Kota Mataram. Ternyata, mereka juga memiliki harapan yang sama dengan Pemkot Mataram. Tanpa direkayasa, anak-anak menginginkan itu.

Tentunya ini menjadi bagian dari suara masyarakat. Meskipun itu hanya terwakilkan dari keinginan anak – anak.

Kalaupun nanti kata dia, Pemkot Mataram harus mencarikan anggaran untuk membeli bahkan tukar guling dengan aset lain. Eko akan mengusahakan hal tersebut. “Kita harapkan tidak sejauh itu, karena ini kepentingan bersama,” jawabnya diplomatis.

Baca juga:  Ayo, Selamatkan Teluk Bima

Wakil Walikota Mataram, H. Mohan Roliskana sebut Eko, pernah meminta secara langsung ke Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi, agar lahan itu dimanfaatkan. Tapi hingga kini belum ada progres. Mungkin, Pemprov memiliki pertimbangan.

Ditambahkan, yang jelas dari suara anak disampaikan itu. Bahwa, mereka butuh ruang untuk memanfaatkan waktu setelah sekolah melaksanakan kegiatan positif. “Kita harapan lahan eks RSUP dibuat tanam kreativitas,” ujarnya.

Pun ini tidak terealisasi. Alternatifnya bisa dibuat di kelurahan. Pemkot Mataram akan menyesuaikan dengan melihat konsep diinginkan anak – anak. RTH Pagutan juga bisa dimanfaatkan. (cem)