Kades Kangga Benarkan Seorang Warganya Meninggal di Salomon

Bima (Suara NTB) – Pejabat sementara (Pjs) Kepala Desa (Kades) Kangga Kecamatan Langgudu, Marwin, S.Sos membenarkan seorang warganya yang bernama Muslim Aljabar meninggal dunia di Negara Kepulauan Salomon, akibat kecelakaan kerja.

Marwin mengaku informasi meninggalnya Muslim, setelah pihak keluarga mendapat kabar dari rekan kerjannya di Negara itu, melalui sambungan telepon. Bahwa yang bersangkutan meninggal akibat tertimpa kayu.

“Almarhum meninggalkan seorang istri yang bernama Rusnah serta dua orang anak.  Di desa Kangga mereka berdomisili di RT 5 RW 1,” kata Marwin kepada Suara NTB, Rabu, 8 Maret 2017.

Diakuinya, keluarga almarhum serta pemerintah desa (Pemdes) kesulitan untuk mengetahui informasi perkembangannya hingga saat ini. Apakah jenazahnya sudah dikuburkan di Negara tersebut atau akan

dipulangkan ke Indonesia.

“Kabar terakhir yang diterima oleh keluarga, jenazah akan dipulangkan oleh perusahaan yang memperkerjakannya. Namun hingga kini belum ada informasinya lebih lanjut,” ujarnya.

Terkait hal itu, pihaknya juga telah melaporkan resmi kepada Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kabupaten Bima. Hanya saja SKPD itu, sulit mendeteksinya karena dalam data tidak tercantum namanya.

“Disknaker kesulitan melacak paspornya serta perusahaan mana yang telah memberangkatkannya,” terang Marwin.

Menurut Marwin, kemungkinan almarhum menggunakan paspor Malaysia. Sebab lanjutnya, sebelum berangkat kerja di Negara Kepulauan Salomon, almarhum diketahui bekerja di Negeri Jiran Malaysia selama beberapa tahun.

Diakuinya, hingga saat ini keluarga Almarhum masih schok berat setelah menerima informasi tersebut. Keluarga berharap jenazah almarhum dapat dimakamkan kampung halamannya. (uki)