BPBD Belum Terima Laporan Kerusakan Akibat Gempa

0
98

Mataram (suarantb.com) – Gempa bumi berkekuatan 4,3 SR melanda Mataram pada Kamis, 24 November 2016 dini hari, sekitar pukul 00.43 WITA. Gempa yang berpusat di barat perairan Lombok ini dirasakan getarannya hampir di seluruh wilayah Kota Mataram. Getaran yang cukup kuat dirasakan di wilayah barat dekat perairan Mataram dan sekitarnya.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Mataram telah menyebar petugas untuk memantau dampak yang ditimbulkan gempa bumi tersebut. Namun BPBD Kota Mataram belum mendapatkan laporan adanya kerusakan yang diakibatkan oleh gempa tersebut. Diperkirakan guncangan sebesar 4.3 SR tersebut tidak sampai menimbulkan dampak yang cukup parah, baik dari pantauan tim BPBD Kota Mataram ataupun kelurahan. Demikian disampaikan oleh Sekretaris BPBD Kota Mataram, I Gusti Ngurah Pariawan, Kamis, 24 November 2016.

“Ini teman-teman BPBD sedang keliling. Tapi belum ada laporan. Dari kelurahan-kelurahan juga belum ada,” ungkapnya.

Wilayah laut Kota Mataram diakui memang memiliki potensi gempa yang cukup tinggi. Terutama di wilayah lempeng gerak utara, yaitu wilayah perbatasan laut Mataram dan Senggigi. Pariawan mengatakan wilayah tersebut memiliki sejarah gempa berkekuatan lebih dari 7,0 SR, sehingga wilayah tersebut termasuk wilayah siaga bencana gempa dan tsunami.

“Itu yang harus kita hati-hati. Perairan di sana itu yang kita antisipasi. Karena di sana itu berpotensi tsunami,” jelasnya. (rdi)

  Pemkot Mataram Mulai Sisir Jukir Liar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here