Tim Saber Pungli Kota Mataram Dikukuhkan

Mataram (suarantb.com) – Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Kota Mataram telah dikukuhkan oleh Walikota Mataram, H. Ahyar Abduh, pada Rabu, 14 Desember 2016. Tim yang diketuai langsung oleh Wakil Walikota Mataram, H. Mohan Roliskana ini memiliki wewenang membangun sistem dan standar operasional pencegahan dan pemberantasan pungli di Kota Mataram.

Walikota Mataram, H. Ahyar Abduh mengatakan pengukuhan tim Saber Pungli merupakan agenda penting bagi Kota Mataram. Keberadaan tim ini, selain sebagai bentuk pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satgas Saber Pungli yang kemudian ditindaklanjuti dengan instruksi Menteri Dalam Negeri tentang pengawasan pungli dan penyelenggaraan pemerintahan daerah, tim ini juga berdampak besar dalam menjamin pemerintahan yang bersih dan transparan.

Ahyar mengatakan, tindakan pungutan-pungutan liar dalam penyelenggaraan sangat merugikan masyarakat. Terutama di instansi-instansi pelayanan dasar, adanya praktik pungli akan menyebabkan lambatnya pelayanan publik kepada masyarakat dan investasi di Kota Mataram.

“Bentuk praktik pungli yang terjadi akan merugikan masyarakat kecil. Oknum-oknum pelaku pungli tentu akan lebih mementingkan kepentingan pribadi dan golongan yang berani membayar lebih,” ujarnya.

Dengan demikian, tim Saber Pungli Kota Mataram yang terdiri dari  SKPD Pemkot Mataram, kepolisian dan kejaksaan dibentuk dalam rangka memberantas praktik pungli, khususnya di dalam instansi-instansi yang berpotensi tinggi terjadinya pungli seperti SKPD-SKPD yang bersentuhan langsung dengan pelayanan publik seperti perizinan, hibah dan bantuan sosial, kepegawaian maupun pendidikan.

Selain itu, Satgas tersebut pun bertugas melakukan sosialisasi secara berkesinambungan kepada masyarakat, pejabat pemerintahan, serta instansi yang menangani pelayanan publik. Hal ini merupakan salah satu fokus kerja Satgas Saber Pungli Kota Mataram. Karena tim Saber Pungli ini merupakan satgas yang menangani praktik pungli hingga ke ranah hukum, Ahyar berharap tim Saber Pungli Kota Mataram bekerja dengan penuh hati-hati. Keberadaan satgas juga diharapkan benar-benar efektif dalam menciptakan pemerintahan Kota Mataram yang bersih. (rdi)