Pesta Pergantian Tahun akan Dipusatkan di Sangkareang

Mataram (Suara NTB) – Pemkot Mataram akan menggelar pesta pergantian tahun pada 31 Desember mendatang. Pesta pergantian tahun menuju 2017 ini akan dipusatkan di Taman Sangkareang atau Lapangan Umum Mataram. Demikian disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Mataram, Drs. H. Abdul Latif Nadjib, MM kepada Suara NTB kemarin.

“Tetap kalau (pesta perayaan tahun baru) itu. Itu agenda tahunan pemerintah kota, bukan (hanya) Disbudpar. Rencana kita tahun ini di Lapangan (Taman) Sangkareang,” ujarnya.

Latif menyampaikan kendati acara tersebut dalam pelaksanaannya melekat kewenangan Disbudpar sebagai penyelenggara, namun semua SKPD terkait juga ikut terlibat dalam acara tersebut. Pesta pergantian tahun disiapkan pemerintah dalam rangka memberikan alternatif hiburan bagi warga Kota Mataram dalam merayakan malam tahun baru.

Salah satu tujuannya adalah agar masyarakat tidak berkumpul hanya pada satu tempat saja. Konsep acara malam pergantian tahun juga sama dengan tahun-tahun sebelumnya seperti hiburan musik, kesenian, dan pesta kembang api. “Konsepnya sama dengan tahun-tahun sebelumnya, ada hiburan untuk rakyat yang penting mereka bisa menikmati malam pergantian tahun di Kota Mataram agar mereka tidak kemana-mana,” terangnya.

Kendati dipastikan akan ada pesta kembang api, namun untuk tahun ini tidak akan terlalu ditonjolkan. Alasannya karena pihaknya mendapat banyak masukan dari masyarakat untuk tidak terlalu menonjolkan pesta kembang api seperti tahun-tahun sebelumnya. “Iya betul juga. Tapi di satu sisi harus ada itu, tapi ndak sebesar tahun kemarin. Pesta kembang api tetap ada dalam konsep malam pergantian tahun,” jelasnya. Berbagai persiapan untuk pesta malam tahun baru telah dilakukan sejak beberapa hari terakhir.

Tahun lalu, Pemkot Mataram memusatkan pesta malam tahun baru di di Jalan Udayana atau Tugu Bumi Gora yang ada di Taman Udayana. Saat itu Taman Sangkareang sedang dalam penataan sehingga dikhawatirkan akan merusak rumput maupun bunga yang baru ditanam karena didatangi banyak orang. Selain itu Pemkot Mataram ingin acara tersebut dapat dinikmati seluruh warga yang berada di pinggiran kota sehingga pesta malam tahun baru tak dipusatkan di Sangkareang yang berlokasi tepat di jantung Kota Mataram. (ynt)