Pembebasan Lahan, KSB Tunggu Hasil Tim Penilaian Harga

Taliwang (Suara NTB) – Pemda Sumbawa Barat saat ini tengah menunggu keluarnya hasil penilaian harga yang dilakukan oleh Tim appraisal. Penilaian harga tersebut dilakukan untuk pembebasan lahan untuk pembangunan jalan.

Kabag Pemerintahan Setda Sumbawa Barat, M. Endang Arianto, S.Sos, MM, kepada Suara NTB, Kamis, 8 Desember 2016 mengatakan, saat ini pihaknya masih menunggu turunnya hasil penilaian harga dari tim appraisal terhadap dua lokasi yang terkena dampak pembebasan lahan. Setelah selesai, pihaknya akan langsung melakukan sosialisasi kepada para pemilik lahan yang terkena dampak dari pembebasan lahan yang dilakukan oleh Pemkab setempat. Sosialisasi tersebut dimaksudkan untuk menyamakan persepsi terkait harga yang telah diputuskan oleh tim penilai harga (tim appraisal, red).  “Insya Allah minggu depan sudah ada hasilnya dan akan kita langsung lakukan sosialisasi,” ujarnya.

Baca juga:  Pemerintah akan Bangun Guest House dan Homestay Tahun Depan

Disebutkannya, penilaian yang dilakukan tim tersebut dilakukan terhadap dua lokasi jalan yang direncanakan akan dibebaskan lahannya. Yakni lahan yang berada di lingkungan Sebubuk yang terkena dampak pelebaran.  Di lokasi lahan tersebut, pihaknya menyiapkan anggaran sekitar Rp  2,5 miliar. Sementara untuk satu lokasi lahan lainnya berada di samping hotel grand royal. Bahkan dalam pembebasan lahan tersebut, pihaknya sudah menyiapkan anggaran sekitar Rp 3,6 miliar. Sehingga total anggaran yang dikucurkan oleh Pemkab Sumbawa Barat terhadap dua lokasi tersebut sekitar Rp. 6,5 miliar. “Kita sudah siapkan anggaran sekitar Rp. 6,5 miliar yang bersumber dari APBDP 2016,” ungkapnya.

Baca juga:  Somasi Soroti Rencana Pembangunan Graha DPRD Mataram

Apapun nantinya hasil yang ditetapkan oleh tim appraisal tersebut, pihaknya sangat berharap kepada masyarakat untuk bisa menerimanya. Karena yang diharapkan dari hal ini adalah untuk pengembangan daerah ini. (ils)