191 Desa di Bima Belum Serahkan SPJ

Bima (Suara NTB) – Sebanyak 191 desa di Kabupaten Bima, hingga saat ini belum menyerahkan laporan realisasi atau Surat Pertanggungjawaban (SPJ) penggunaan anggaran dana desa tahap II tahun 2016.

“Sampai saat ini belum diserahkan,” kata Kepala BPMDes Kabupaten Bima, Abdul Wahab, SH, menjawab Suara NTB, Rabu, 7 Desember 2016.

Menurutnya, sejauh ini pemerintah desa sedang menyelesaikan sisa anggaran tahap kedua, sebesar 40 persen. Sehingga hal itu, menjadi penyebab dan alasan, mengapa SPJ tersebut belum diserahkan.

“Kalau tidak menyerahkan dan membuat SPJ. Yah resiko dan tanggungjawab sendiri oleh desa,” katanya.

Oleh karena itu, pihaknya terus mengingatkan kepada desa agar menyerahkan tepat waktu yang ditentukan. Jika tidak, desa tersebut akan dikenai sanksi dan ditunda pencairan ADD tahun 2017 mendatang.

“Isi laporannya adalah realisasi penggunaan uang yang telah dilaksanakan,” ujarnya.

Dia menambahkan, laporan atau SPJ ADD tahap pertama telah diperiksa oleh Inspektorat, belum lama ini. Hasilnya sejumlah desa mendapat rapor merah. Hanya saja Wahab enggan merincikan desa yang dimaksud.

“Yang jelas ada belasan desa. Hal ini yang terus kita pacu dan mendorong agar desa bisa menggunakan ADD dengan baik,” ujarnya menambahkan. (uki)