Hari Ini, Pilkades Serentak di Lobar

Giri Menang (Suara NTB) – Pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di 18 desa di Lombok Barat (Lobar) digelar Rabu (6/12). Pada pilkades serentak ini diikuti 68 calon dengan melibatkan 73.141 Daftar Pemilih Tetap (DPT). Untuk mengamankan jalannya pesta demokrasi di desa ini, aparat keamanan menerjunkan sekitar 500 personel dari TNI dan Polri.

Ditemui pada apel persiapan pengamanan Pilkades dan deklarasi damai di Mapolres Lobar, Sekda H. Moh. Taufiq mengharapkan pada momentum pilkades ini agar masyarakat merapatkan barisan dan membantu mengantisipasi gangguan atau gesekan selama Pilkades berlangsung.

Sekda juga meminta agar para calon mampu menunjukkan diri sebagai suri tauladan yang baik kepada massa pendukungnya. Ia mengingatkan, kekalahan dan kemenangan adalah hal yang biasa dalam demokrasi, karena para calon harus arif menerima kekalahan.

Selain itu Sekda menganjurkan apabila nanti terjadi permasalahan, hendaknya diselesaikan dengan musyawarah. Ia mengharapkan peran serta dari tokoh agama dan tokoh masyarakat di daerah tersebut untuk memberi arahan.
Acara dekralasi damai dihadiri hampir seratus persen calon kades. Hanya ada beberapa kades berhalangan hadir, karena sakit. Namun pihak BPMPD Lobar selaku panitia kabupaten memastikan akan tetap mengupayakan agar kades yang bersangkutan menandatangani deklarasi damai tersebut.

Baca juga:  Mantan Kades Kemuning Dituntut 7,5 Tahun Penjara

Di tempat terpisah, Bupati Lobar H. Fauzan Khalid menyatakan momen demokrasi tingkat paling bawah ini harus benar-benar dimanfaatkan oleh masyarakat peserta Pilkades serentak. Oleh sebab itu, ia berharap tingkat partisipasi tetap tinggi, meski pemungutan suara dilaksanakan pada hari kerja.

Bupati juga mengimbau semua warga yang desanya menggelar Pilkades serentak bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban daerahnya. “ Apabila ada pihak yang merasa dirugikan terkait hasil Pilkades nanti, sebaiknya ditempuh prosedur yang berlaku,“ sarannya.

Baca juga:  Protes Hasil Pilkades, Warga Blokade Jalan

Kepala BPMPD Lobar H.L. Surapati optimistis pilkades serentak tahap pertama berjalan lancar. Partisipasi pemilih diharapkan tinggi, karena pihaknya jauh-jauh hari pihaknya telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Pihaknya memastikan, semua panitia desa sudah siap menyelenggarakan pilkades. Semua logistik sudah didistribusikan. Termasuk, di sejumlah desa disedikan tenda mengantisipasi cuaca jika turun hujan.

Kapolres Lobar AKBP I Wayan Jiartana menambahkan, pihaknya sudah sangat siap melakukan pengamanan Pilkades serentak. Beberapa desa penyelenggara Pilkades yang dianggap rawan sudah diantisipasi. Nantinya para personel yang disiapkan akan terus melakukan pemantauan di beberapa desa yang dianggap rawan itu. “Untuk pengamanan, sebanyak 500 personel gabungan dari Polres Lobar, Polres Mataram, Pol PP Lobar dan Dandim 1606/Lobar stand by di masing-masing TPS. Mereka siap mengawal dari awal proses peserta akbar tersebut,” jelasnya. (her)