Satu PPTKIS di Sumbawa Dibekukan

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Salah satu Perusahaan Pengerah Tenaga Kerja Indonesia Swasta (PPTKIS) di Kabupaten Sumbawa dibekukan, menyusul oknum pengelolanya dilaporkan ke polisi beberapa waktu yang lalu.

Kabid Penta Kerja Disnakertrans Sumbawa, Zainal Arifin, S.Pt., M.Si kepada wartawan, Selasa, 29 November 2016 menyebutkan, PPTKIS tersebut yakni PT Sukses Dua Bersaudara  yang bercabang di Sumbawa. Pembekuannya sudah dilakukan sejak Agustus 2016 lalu.

“Kami bekukan setelah koordinasi dengan Dirutnya saat itu yang kemudian menyerahkan surat pembekuan untuk tidak diproses. Karena oknum di cabangnya punya iktikad tidak baik,” ujarnya.

Disebutkannya, kasus dari oknum tersebut sat ini sedang ditangani pihak kepolisian. Dimana dalam praktek yang dilakukan oknum tersebut

menarik uang dari CTKI, namun tidak diberangkatkan. Nampaknya uang tersebut tidak disetorkan ke kantor pusat, tetapi dipergunakan secara pribadi. “Hal inipun dilaporkan ke pihak kepolisian oleh salah seorang korban,” tukas Arifin.

Dengan dibekukan, Cabang Perusahaan tersebut tidak lagi bisa beroperasi. Dalam artian tidak bisa lagi melakukan perekrutan CTKI. Kalaupun masih dilakukan maka akan dikenakan sanksi dan diproses secara hukum. “Makanya waktu itu dibekukan,” tandasnya.

Dari koordinasi yang dilakukan mengenai masalah ketenagakerjaan, sambungnya, tercatat ada empat kasus yang sedang ditangani pihak kepolisian. Yakni mengenai yang non prosedural dan dan dugaan pelecehan seksual terhadap CTKI. Pihaknya tengah menunggu tindak lanjut yang dilakukan kepolisian. (ind)