Perolehan Suara Pilkades di KSB Dihitung Ulang

Taliwang (Suara NTB) – Proses persidangan sengketa Pilkades desa Poto Tano kecamatan Poto Tano dan desa Bukit Damai kecamatan Maluk akhirnya sampai pada penghitungan ulang perolehan suara pemohon dengan pihak termohon.

Kegiatan penghitungan ulang itu pun oleh majelis penyelesaian sengketa Pilkades dilaksanakan, Selasa, 29 November 2016 , dengan menghadirkan para pihak bersengketa. Dari hasil perhitungan ulang tersebut, baik di desa Poto Tano maupun desa Bukit Damai, majelis menemukan terjadi perbedaan jumlah perolehan suara. Akan tetapi perbedaan itu tidak menyebabkan terjadinya perubahan pihak pemenang sesuai yang ditetapkan oleh panitia Pilkades di kedua desa.

“Angka perolehan suaranya berubah. Tapi hasil itu tidak mengubah pemenangnya,” jelas ketua majelis penyelesaian sengketa Pilkades, Hirawansyah Atta, MH kepada media ini.

Untuk desa Poto Tano, sebelumnya berdasarkan hasil perhitungan panitia Pilkades, pihak termohon ditetapkan memperoleh suara total sebesar 394 suara sementara pihak pemohon sebanyak 393 suara. Namun pada hasil perhitungan ulang di tingkat majelis, perolehan suara pihak pemohon menjadi 392 suara sedangkan termohon tetap dengan perolehan suara 394 suara.

“Akhirnya lebih menguntungkan pihak pemohon karena sebelumnya kurang 1 suara, setelah dihitung majelis jadi beda 2 suara,” sebut Hirawansyah seraya menambahkan kondisi yang sama juga terjadi pada kasus desa Bukti Damai.

“Kalau di Bukti Damai memang perolehan suara termohon berkurang, tapi jumlahnya tidak menyebabkan dia kalah,” sambungnya.

Dari hasil perhitungan ulang tersebut, para pihak terutama pihak pemohon menghormati dan menerima kekalahannya. Menurut Hirawansyah, selaku majelis pihaknya mengapresiasi keputusan para pemohon karena telah menunjukkan sikap kedewasaannya dalam berdemokrasi.

“Memang kita belum putuskan. Tapi tadi para pihak pemohon sudah menyatakan legowo setelah hasil kita buka kotak suara dan hitung ulang,” timpal Staf Ahli Bupati bidang Hukum ini.

Selain sengketa Pilkades Poto Tano dan Bukit Damai, sengketa lain yang juga tengah disidangkan majelis adalah Pilkades desa Tamekan kecamatan Taliwang. (bug)