Kantor Disnakeswan Dompu Diduga Lakukan Pencurian Listrik

Dompu (Suara NTB) – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Kabupaten Dompu diduga melakukan pencurian aliran listrik PLN dengan cara melakukan pembesaran daya dan penyambungan langsung tanpa alat ukur. Hal tersebut diketahui berdasarkan hasil operasi gabungan petugas PLN area Bima, Sumbawa, Mataram dan jajaran kepolisian.

Pihak Disnakeswan telah dimintai keterangan dan menyatakan belum sanggup untuk memenuhi tuntutan PLN sebagaimana ketentuan yang berlaku. Sesuai undang-undang kelistrikan, pelanggar akan dikenakan denda sebesar Rp 34 juta.

“Sejak kapan dilakukan itu, kami belum tahu. Yang jelas kenyataannya di lapangan ada, sudah terbukti dan sudah ditandangani berita acaranya dari dinas, saksi kepolisian, terus dari timnnya,” jelas Manager PLN Rayon Dompu, Muhammad Yamin kepada Suara NTB, Senin, 28 November 2016.

Baca juga:  Kurangi Pemadaman Listrik, Unit II PLTU Jeranjang Dikebut

Dua pelanggaran yang dilakukan yakni memperbesar daya dan penyambungan langsung ke sumber arus tegangan tinggi. Terkait teknis

pemantauan terhadap upaya pencurian aliran listrik, dilakukan pihaknya dengan mengamati grafik pemanfaatan daya. “Grafiknya kok naik turun, setelah dicek lapangan ternyata ada kelainan,” ujarnya.

Selain denda, instansi terkait juga terancam mendapat sanksi pidana yang mana ancaman hukumannya minimal 11 tahun penjara. Sementara itu, soal akan adanya upaya berdalih pembesaran daya itu dilakukan karena pembanguna gedung baru oleh kontraktor, ditegaskan pihaknya, berdasarkan perjanjian jual beli kelistrikan, PLN hanya sangkut pautnya dengan pelanggan. “Setelah ini akan kita berikan surat pemberitahuan, pertama, kedua dan ketiga. Setelah peringatan tidak juga diselesaikan baru diserahkan ke kejaksaan,” jelasnya.

Baca juga:  Residivis Narkoba Ditangkap Diduga Karena Mencuri

Sementara itu Kepala Disnakeswan Kabupaten Dompu, Drs. H. Gaziamansyuri, yang berusaha dikonfirmasi enggan berkomentar. Dia meminta wartawan untuk mengkonfirmasi persoalan ini ke bendahara kantornya. “Konfirmasi saja ke bendahara saya,” pungkasnya kemudian meninggalkan sejumlah awak media yang datang untuk mengkonfirmasi. (jun)