16 Pejabat Pemkot Mataram Dilantik Ulang

Mataram (suarantb.com) – Setelah mutasi tahap satu dilaksanakan beberapa waktu lalu, pada Jum’at sore, 25 November 2016 sebanyak 16 jabatan eselon II, III dan IV dikukuhkan dan dilantik kembali oleh Walikota Mataram, H. Ahyar Abduh.

Pejabat yang dikukuhkan tersebut terdiri dari 12 lurah, dua camat dan dua pejabat eselon II. Para pejabat ini dianggap memiliki kompetensi dan kualifikasi yang pantas menduduki jabatan yang sebelumya didudukinya. Dengan demikian, pejabat tersebut dinyatakan tetap, tidak mengalami pergeseran maupun perubahan jabatan.

Kendati pejabat-pejabat tersebut tidak mengalami perubahan jabatan, pengukuhan dan pelantikan ulang perlu dilakukan, sesuai dengan amanat Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016. Ahyar mengatakan pengukuhan dan pelantikan ulang pejabat-pejabat tersebut merupakan kewajiban konstitusional.

Baca juga:  Nama Pansel Sekda Belum Final

“Ini sesuai dengan PP Nomor 18 Tahun 2016 yang baru saja kita selesaikan Perdanya. Insya Allah, bulan ini kita sepenuhnya akan mengacu pada PP Nomor 18 ini,” paparnya.

Ahyar menyebutkan selanjutnya, secara bertahap akan terus mengevaluasi pejabat lainnya yang belum dimutasi. Pergeseran atau perubahan jabatan untuk pejabat selanjutnya belum dapat ditentukan, sebab masih memerlukan evaluasi yang cukup ketat. Ia mengatakan, 16 jabatan yang telah dikukuhkan ini tidak menutup kemungkinan akan digeser kembali setelah evaluasi lanjutan bersama dengan ratusan jabatan lainnya.

Baca juga:  Dilantik Sebagai Sekda, Hasan Basri Pasang Target

“Tapi ini kan tidak segampang itu kita mutasi-mutasi. Justru ini kan saya kukuhkan dan saya lantik ini, karena evaluasi saya masih cukup bagus di jabatannya itu,” terangnya.

Ia mengatakan pekerjaan terkait permutasian pejabat ini cukup keras, sehingga Pemkot Mataram perlu bekerja keras untuk menentukan ketepatan jabatan sesuai dengan OPD yang baru. (rdi)