Warga KSB Diingatkan Waspada Bencana

Advertisement

Taliwang (Suara NTB) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) kembali mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada bencana. Apalagi puncak dari musim penghujan diperkirakan akan terjadi pada bulan Desember mendatang.

Kepala Pelaksana BPBD KSB, Drs. H. Hamzah kepada Suara NTB, Senin, 14 November 2016 menyebutkan, saat ini pihaknya sudah menyiapkan satu unit tenda siaga bencana. Selain itu, tim-tim di lapangan juga intens melakukan pengecekan dan pemantauan ketika hujan terjadi. Apakah ada daerah-daerah yang terkena dampak bencana banjir, puting beliung, ataupun bencana tanah longsor.

Namun, hasil pemantauan yang dilakukan pihaknya sampai dengan sejauh ini belum ada lokasi-lokasi yang terkena dampak sangat parah akibat bencana ini. “Kita sudah siapkan semua, baik itu personel maupun sarana dan prasarana lainnya ketika hal-hal yang tidak diinginkan terjadi,” ungkapnya.

Disebutkannya, ada beberapa bencana yang terjadi pada bulan ini. Seperti yang terjadi kemarin di desa Kokarlian, bencana angin puting beliung. Namun bencana tersebut tidak sampai merenggut korban jiwa, hanya beberapa rumah saja yang terkena dampak. Setelah dilakukan pengecekan pihaknya, ternyata rumah tersebut tidak mengalami kerusakan parah. Bencana tersebut juga kembali terjadi di Desa Beru, namun saat ini pihaknya masih melakukan tahap verifikasi.

“Untuk lokasi di Desa Beru ini, kita tengah mellakukan verifikasi lapangan. Mengingat kejadian tersebut terjadi pada hari minggu kemarin,” ungkapnya. Seraya berharap kepada masyarakat, untuk tetap waspada. Selain itu, pihaknya juga berharap kepada masyarakat untuk bisa memberikan informasi apabila terjadi bencana. (ils)

Disqus Comments Loading...

This website uses cookies.