Pergantian Musim, Bima Rawan Puting Beliung

Bima (Suara NTB) – Masyarakat Kabupaten Bima diminta agar meningkatkan kewaspadaan menjelang pergantian musim kemarau ke hujan. Pasalnya memasuki masa transisi itu sangat rawan terjadinya bencana alam, salah satunya serangan angin puting beliung.

“Terjangan angin puting beliung harus diwaspadai menjelang pergantian musim hujan,”  ucap Kepala BPBD Kabupaten Bima, H. Sumarsono, SH. MH kepada Suara NTB, Jumat, 11 November 2016.

Baca juga:  BPBD Dompu Petakan Daerah Rawan Bencana Alam

Menindaklanjuti imbauan tersebut, pihaknya telah mengeluarkan surat edaran (SE) yang ditandatangani oleh Bupati, untuk diteruskan ke pemerintahan kecamatan dan desa.

Selain itu, lanjutnya pihaknya juga telah mengirim surat ke BNPB Pusat dan Provinsi untuk back up bantuan, apabila sewaktu-waktu terjadi serangan angin puting beliung maupun bencana alam lainnya.

“Surat ini menjadi dasar kita meminta bantuan pusat dan provinsi,” katanya.

Baca juga:  Sebulan, 300 Rumah di Loteng Rusak Diterjang Puting Beliung

Meski demikian, sejauh ini jumlah logistik yang disiapkan oleh pihaknya diklaim mencukupi, mengantisipasi adanya bencana alam. Hanya saja akan disesuaikan dengan kondisi terjadi dilapangan.

“Insya Allah logistiknya ada. Kita cukup-cukupin saja, terngantung kondisi dan situasi di lapangan,” terangnya.

Ia meminta masyarakat agar segera melaporkan ke pihaknya atau pemerintah desa dan kecamatan setempat, apabila terjadi bencana tersebut. (uki)