Korban Angin Puting Beliung Diberi Bantuan

Dompu (Suara NTB) – Bencana alam angin puting beliung yang menghancurkan perumahan warga Saneo dan Serakapi Kecamatan Woja langsung direspon pemerintah daerah (Pemda) Dompu. Wakil Bupati Dompu, Arifuddin, SH menyerahkan bantuan tanggap darurat bagi korban bencana. Sementara sedikitnya 30-an unit rumah rusak akibat angin puting beliung.

Wakil Bupati Dompu, Arifuddin, SH kepada wartawan, Rabu, 9 November 2016 mengatakan, bantuan tanggap darurat diserahkan untuk membantu kebutuhan korban. Karena para korban rata-rata kehilanga tempat tinggalnya setelah dihancam angin puting bliung sehingga rumahnya roboh, bahkan atap serta dindingnya tebang. “Bantuan ini untuk tanggap darurat. Di Desa Saneo sendiri ada empat rumah,” kata Arifuddin.

Ia mengatakan, akan mengajukan anggaran perbaikan rumah yang rusak berat akibat terkena bencana angin puting beliung. Rencananya akan diproses melalui BPBD untuk pelaporan dan pengajuan anggarannya. “Nanti akan diajukan melalui BPBD,” kata Arifuddin.

Baca juga:  BPBD Dompu Petakan Daerah Rawan Bencana Alam

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Dompu juga didampingi kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi, H Burhan, SH, serta kepala BPBD Kabupaten Dompu, Drs Imran. Bantuan tanggap darurat ini merupakan bantuan dari Dinas Sosial yang berisi pakaian, makanan, perabot masak, tikar, selimut dan terpal.

Bantuan tanggap darurat diserahkan kepada lima orang warga Saneo, dan lima orang warga Serakapi dengan kerusakan berat pada rumahnya. Karena 10 orang penerima bantuan, rumahnya rata – rata rusak berat dan tidak bisa digunakan. Selain 10 unit rumah dengan kerusakan berat, setidaknya ada 20an rumah lainnya di 2 Desa yang juga rusak ringan. “Rumah – rumah ini rata dengan tanah akibat diterjang angin. Ada juga yang atap dan dindingnya juga terbang, sehingga tidak bisa dimanfaatkan,” kata Kepala Dinas Sosial Dompu, H Burhan, SH.

Baca juga:  BPBD Bangun Jembatan Darurat di Kilo

Sementara BPBD Dompu menyerahkan bantuan P3K kepada korban angin puting beliung. Korban angin puting beliung ini masih akan didata dan diverifikasi untuk diajukan bantuan perbaikan rumahnya. Karena rumah sudah roboh dan dibawa angin puting beliung, warga pun berusaha menyelamatkan kayu dan perabot rumah tangga yang bisa dimanfaatkan. Untuk sementara, warga korban angin puting beliung menumpang di rumah warga lain. (ula)